Senin, 21 Desember 2020

Produk Laris Di Marketplace Tahun 2021

Tidak terasa sudah di ujung tahun 2020, dimana menjadi tahun yang sangat spesial karena adanya pandemi. Dan dengan adanya peristiwa ini merubah perilaku manusia menjadi berbeda di tahun 2021 mendatang atau sering di sebut era NEW NORMAL. Untuk itu sebagai seller marketpalce pasti sudah merencanakan dan memprediksi kira-kira produk apa yang bakalan di butuhkan oleh customer. Dalam garis besar ada beberapa perubahan penting selama tahun 2020 yaitu soal , Kesehatan , Pekerjaan , Dan Kegiatan harian.  Berikut beberapa produk yang bakalan naik permintaanya di tahun 2021. 

Disclaimer : artikel ini bukan bermaksud seperti dukun yang bisa memprediksi apa produk yang laris di depanya. Materi yang saya sampaikan sudah berdasarkan hasil riset pribadi , data penjualan dan sharing dari beberapa seller. 

1. Makanan, untuk produk makanan yang banyak di serap pasar bukan makanan yang berisfat pokok tapi hanya sebagai pelengkap. Contohnya produk jajanan berupa snack atau makanan daerah. Dan beberapa jenis bumbu masak teruatama dalam bentuk instan karena banyak yang baru belajar memasak dan ingin yang lebih praktis. 
2. Perlengkapan Kesehatan, yaitu untuk keperluan  kebersihan , suppleemen kesehatan kekebalan tubuh atau imun, dan produk obat herbal.
3. Hoby rumahan, hoby yang tanpa harus di luar ruangan seperti tanaman hias, hydroponic , aquarium aquascape, aksesoris binatang peliharaan kucing anjing.
4. Perlengkapan rumah  , seputar alat kebersihan rumah dan perlengkapan dapur memasak.
5. Skin care , cenderung ke perawatan masker pembersih muka. Bukan yang bersifat estetik seperti bedak dan lipstik. 
6. Alat olahraga rumah , alas yoga, baju senam, angkat beban barbel.
7. Handhone acc , case handphone , pelindung layar, mini tripod dll. 
8. Fashion , karena masih banyak aktifikas yang di lakukan di rumah jadi untuk baju fashion yang formal masih belum teralu di butuhkan . Untuk itu lebih cenderung ke baju untuk keperluan di rumah seperti Daster, boxer, dan piyama. 
9. Perlengkapan studio rumah streaming , untuk perlengkapan para Content Creator Youtuber , Tiktok, contohnya stand backdround , tripod , acc kamera , mic , lighting 
10. Perlengkapan WFH , laptop , aksesoris komputer seperti mouse , keyboard, 

Sebagai validasi data di shopee juga menunjukan kenaikan yang cukup tinggi untuk penjualan produk yang di bahas di atas.

 

Itulah tadi beberapa produk yang di prediksi bakalan laris di tahun 2021. Semoga bisa jadi referensi kalian tertama yang masih bingung dalam menentukan produk apa yang ingin di jual. 

Rabu, 16 Desember 2020

Cara Mengatasi COD di luar Marketpalce

Untuk kalian yang berjualan di luar marketplace seperti di sosial media , website , atau whatsapp. Pasti pernah mendapati customer yang meminta pembayaran di tempat atau COD. Sehingga anda kereptoan untuk memproses pesanan dengan sistem COD karena biasnya yang di lakukan dengan membuat dua akun . Yaitu akun pertama untuk beli dan akun kedua untuk jual produk. Jadi nanti akun pembeli kita gunakan untuk order di toko kita sendiri agar bisa memproses pesanan secara COD. Namun cara ini beresiko karena kalau sering di lakukan maka di anggap melakukan fake order alias order palsu. Untuk itu ada cara yang lebih aman dan mudah . 

Yaitu dengan mendaftar sebagai marchant di jasa ekspedisi yang mempunyai layanan COD. Sebenernya udah banyak untuk jasa ekspedisi yang bisa melayani COD seperti POS , Ninja, Sicepat, JX ecpress dan SAP.  Dengan menjadi marchant nanti kita akan mendapat akses halaman dashboard untuk membuat order dan membuat resi otomatis untuk COD. Untuk lebih detail nanti bisa cek di video saya disini.




Cara kedua bisa dengan mendaftar di aplikasi tokotalk, yaitu jasa website khusus untuk toko online. Tapi kita di sini memanfaatkan fitur untuk pembuatan order dan mendapatkan resi otomatis. Untuk jasa kirim yang support untuk COD JNE , Sicepat, dan SAP. Untuk biaya transaksi COD dengan tokotalk sebesar 3% dan untuk mendaftar biayanya juga gratis. Untuk review dan penjelasan tentang pengguaan tokotal bisa simak di video ini. 




Rabu, 09 Desember 2020

Cara MeningkatkanTraffic Pengunjung Toko Di Marketplace LAZADA


Traffic menjadi hal utama untuk meningkatkan penjualan di Lazada. Cara paling dasar yaitu secara 
Organik , yang di maksud organik itu traffic yang tanpa menggunakan ads. Customer datang dari hasil pencarian produk atau langsung masuk ke halaman toko. Untuk memaksimalkan beberapa yang perlu di lakukan optimasi :
  • Judul produk , pilih kata kunci yang relevan letakan pada awal judul produk. Bisa lakukan riset dari hasil rekomendasi kotak pencarian atau dari google trends. 
  • Foto Produk , buat foto produk semenarik mungkin dan berbeda dari kompetitor. Sehingga saat produk anda muncul di hasil pencarian , minimal di klik oleh pembeli. Karena traffic datang awalnya dari tampilan gambar. 
  • Deskripsi : tulis ulang judul di awal deskripis agar meningkatkan SEO produk di mesin pencari. 
  • Rajin ikut campaign, selalu pantau campaign yang sering di adakan di Lazada. Karena tidak semua toko dan kategori produk bisa ikut. Tapi sebelumnya pastikan pahami syarat dan ketentuan promo campaign agar anda tidak rugi terlalu besar karena kebanyakan memberikan promo ke pelanggan. 
  • Aktifkan free shipping, gratis ongkir di Lazada tidak seperti marketplace lain. Yang bisa d subsidi sebagian oleh marketplace. Tetapi untuk promo gratis ongkir harus di tanggung oleh seller. Agar aman tetapkan batas klaim gratis ongkir agak tinggi agar tidak terlalu banyak yang claim. Karena kita sudah emberikan promo diskon yang lain. Yang penting gratis ongkir tetep aktif agar logo gratis ongkir muncul di toko kita sehingga lebih menarik buat pelanggan. 
  • Flash sale , untuk mengikuti flash sale memang butuh pengorbanan mengurangi profit karena harus memberikan diskon. Tapi jika produk kita masuk ke flash sale bisa mendatangkan banyak kunjungan ke produk dan toko. 
  • Naikan produk fitur ini berfungsi untuk meningkatkan posisi produk anda di halaman terdepan di hasil pencarian. Tapi untuk fitur naikan produk ini di batasi tergantung dengan omzet penjualan dan sudah menggunakan dekorasi toko, jadi untuk dapat slot lebih banyak anda harus meningkatkan penjualan terlebih dahulu. 
  • Live streaming, fitur baru dari Lazada konten video live streaming. Anda bisa buat live bahas kegiatan toko anda atau review produk. Demgma live bisa mengingatkan Trust toko dan menambah follower toko.
  • Cek bisnis analis : keyword yang di cari customer untuk menemukan produk anda di Marketplace 
  • Feed , rutin dan konsisten posting di feed lazada. ini termasuk fitu baru di lazada yang berbasis seperti di sosial media. Cukup efektif juga untuk mendatangkan traffic , kuncinya buat konten yang menarik dan pergunakan hastag yang relevan dengan produk yang kalian jual. 
Untuk cara meningkatkan traffic ke Lazada secara berbayar gunakan fitur berikut :
  • Produk bersponsor / Pencarian bersponsor, merupakan fitur promosi berbayar dari LAZADA. Dimana produk kita nanti akan tampil di samping halaman produk. Promo ini cukup efektif untuk mendatangkan traffic jg di lazada. 
  • Afiliasi bersponsor, manfaatkan fitur promo ini untuk mendapatkan traffic tambahan. Jika ikut program affiliasi bersponsor produk anda akan di tawarkan oleh para affilaiter atau istilahnya makelar . Sehingga akan tersebar di media platform lain bisa website , sosmed, atau iklan berbayar. Dan anda hanya akan membayar biaya komisi atau ikalan seetelah produk laku. Untuk info lebih jelasnya bisa simak di video ini > https://www.youtube.com/watch?v=UlMwUi_9Cdk

Itu tadi untuk beberapa tips untuk mendatangkan traffic ke toko anda LAZADA. semoga bermanfaat. 

Kamis, 19 November 2020

Pilih Kata Kunci Luas atau Spesifik di Iklanku Shopee

Saya sering dapat pertanyaan dari temen-temen tentang penggunaan kata kunci spesifik atau luas pada iklanku Shopee. Sebenarnya tidak ada patokan khusus mana yang lebih cocok di gunakan semua tergantung target pasar atau jenis produknya. Selain itu juga tergantung budget anggaran iklan yang kalian sediakan. 

Sebagai contoh misal kalian jualan Casing Handphone iphone 11 pro Max casing , dari produk ini sudah jelas bahwa target market kita adalah pemilih handphone iphone seri 11 pro Max. Bukan pemilik handphone merk lain seperti xiaomi samsung bahkan untuk handphone apple pun harus yang seri 11 Pro Max. Untuk produk ini akan lebih cocok jika menggunakan kata kunci spesifik karena kita tidak mentarget market customer lain selain pengguna Iphone 11 pro Max. 


Berbeda jika kalian jual produk seperti headset TWS bluetooth . Di mana produk ini tidak tertuju pada pemilik handphone atau merk tertentu. Semua handphone yang sudah ada tekhnologi Bluetooth bisa menggunakan produk ini . Maka untuk kata kunci bisa gunakan yang umum sehingga menjangkau customer pemilih handphone yang lebih luas. Tapi dengan catatan , jika memilih kata kunci jangan . terlalu luas misal hanya menuliskan Headset karena pasti akan lebih boros 
Ok sekian tips kali ini tentang pemilihan kata kunci luas atau spesifik. Semoga membantu dan iklan kalian makin efektif. 

Kamis, 05 November 2020

3 Fase Beriklan di Marketplace Agar tidak Rugi



Artikel blog kali ini akan membahas 3 fase beriklan di marketplace. Yaitu gimana tahapan proses menggunakan iklan berbayar di marketpalce agar berhasil dan efektif.  

Tahap pertama yaitu Testing , di tahap ini kita menjalankan iklan untuk mendapatkan data. Yaitu berupa pengunjung , waktu paling banyak di klik customer, dan produk yang berhasil terjual.

  • Pemilihan produk ( Gunakan auto) & kata kunci , proses pertama yang di lakukan untuk menentukan kandidat produk mana yang layak untuk di iklankan.   
  • Lakukan riset
  • Pakai bid terkecil 
  • Coba beberapa jenis iklan 

Running , di tahap ini iklan harus di jalankan dalam waktu tertentu dan sudah di tentukan untuk budgetnya. 

  • Fokuskan keyword yang menghasilkan 
  • Jalankan dalam durasi waktu Tertentu 
  • Budgeting
  • Evaluasi ( ctr, Closing) 
  • Batasi Waktu 

Scale Up , setelah dapat produk dan iklan yang tepat selanjutnya tinggal di ubah sekalanya. Bisa meningkatkan budget dan durasi iklan tayang. 

  • Set Target 
  • Tambah Budget iklan 
  • Tambah durasi iklan

Tidak selamanya iklan berjalan mulus, nanti lama-lama pasti akan turun penjualanya walaupun iklan masih berjalan. Penyebabnya kompetitor ( jual murah / bid iklan lebih tinggi ), permintaan produk turun di pasaran,  


Minggu, 18 Oktober 2020

Penyebab Produk Di Marketplace Shopee Anda Sering DiBlokir atau Dihapus

Buat yang sudah berjualan di Marketpalce Shopee pasti pernah mengalami produk tiba-tiba di blokir atau di hapus oleh admin shopee . Dan pasti kecewa banget produk yang diblokir sudah ada review banyak dari pelanggan.  Dari beberpa kasus penyebab produk sering di blokir antar lain :

1. Menaikan harga produk kemudian di diskon / promo , jika anda ingin mengaktifkan promo diskon di toko jangan naikan harga terlebih dahulu. 

2. Pelanggaran Merk, permintaan pemilik merk. Ada beberapa produk yang membatasi penjualan produk di marketplace . Biasanya ini karena merk tersebut sudah memiliki official store di shopee.  

3. Produk palsu imitasi kw , untuk yang jualan produk tiruan replika atau KW ini sudah jelas melanggar peraturan di shopee. Jika ada yang bisa selamat itu karena tidak menyebutkan merk , dan sebenernya pasti nanti akan juga di blokir tinggal tunggu waktu aja.

4. Ijin Edar , Untuk anda yang jual produk merk tertentu pastikan tidak ada aturan mengenai dibatasi distribusi. Contohnya seperti produk dari perusahaan MLM yang hanya boleh di jual secara langsung bukan melalui Marketpalce.

5. BPOM , ini biasanya terjadi buat seller yang berjualan produk herbal , kosmetik , atau obat. Jadi kalau produk kalian tidak ada ijin BPOM siap-siap produk akan di blokir. 

6. Gambar mengandung watermark contact atau logo star seller , memang untuk peanambahan gambar pada produk banyak di lakukan oleh seller alin tapi ada gambar yang tidak boleh di sematkan di foto produk. yaitu logo yang menunjukan seperti logo star seller. Karena ini dianggap manipulasi dan bisa merugikan customer. 

7. Produk Terlarang, contohnya senjata tajam, obat-obatan terlarang dll. 

8. Spam atau duplikat, jika anda mengupload produk yang sama berulang kali walaupun sudah anda bedakan gambar atau judul produknya. Maka sistem shopee akan mengindikasi produk anda sebagai spam. Atau sering juga kejadian produk identik banyak kesamaan dengan seller lain juga bisa menyebabkan produk di blokir. 

Sebenernya masih banyak lagi beberapa aturan mengenai penyebab diblokirnya produk di shopee, untuk lebih lengkapnya bisa cek link di bawah ini. 

https://help.shopee.co.id/s/article/Mengapa-produk-saya-dihapus-atau-diblokir-oleh-Shopee

Selasa, 13 Oktober 2020

Cara menemukan Riset winning product Laris



Saat awal ingin berjualan kita pasti bingung menentukan produk apa yang ingin di jual. Jika kita hanya asal jualan produk yang ada tanpa paham mengenai kebutuhan pasar maka akan sia-sia dan menghabiskan waktu. Untuk itu di awal kita harus memilih produk yang berpotensi untuk mudah terjual dan menghasilkan profit. Hal tersebut sering jadi istilah yang namanya winning product. Terus Bagiamana cara menemukan winning produk atau produk unggulan untuk kita pasarkan ?

Riset Produk 
Kumpulkan data informasi mengenai produk yang ingin kita jual. Untuk melakukan riset alat yang bisa di gunakan adalah google trend. Yaitu dengan memasukan kata kunci produk kita selanjutnya kita lihat grafik jumlah pencarianya.

Rumus
Winnig Product + engage + wow factor + problem solving + Profit tinggi
Engage : cari produk yang menarik walaupun orang tidak terlalu butuh produk tersebut. Contoh Produk Solusi atau perawatan. 
Wow factor : suatu nilai tambah sebuah produk yang sangat berkesan untuk pelanggan. Tidak hanya berbeda dari produk lain tapi harus punya nilai tambah.
Problem solving, produk yang dapat menyelesaikan masalah pasti akan selalu laku jika bertemu dengan customer yang membutuhkan.
Profit Tinggi :Tidak hanya laris produk yang kita jual juga dapat menghasilkan profit yang cukup tinggi. Sehingga bisa untuk menutup biaya iklan dan operasional usaha.

Low competitor 
Cari produk yang memilki kompetisi rendah , pasti bingung di jaman sekarang semua produk sudah ada di jual di internet dan pasti ada kompetitornya. Untuk itu kita jual produk dengan brand atau jual di database customer yang sudah kita miliki. Atau ciptakan produk yang unik , misalkan produk anda banyak kompetitornya berikan inovasi agar berbeda dengan produk yang lain. 

Produk sedang trend 
Untuk tau produk yang sedang trend anda bisa mengamati iklan dan barang apa yang sering di perbincangkan di sosial media. Atau cara termudah anda bisa memakai google trend dengan memasukan kata kuci produk yang ingin di riset dan wilayah pastikan pilih di Indonesia. 

Itulah tadi point-point penting bagiamana cara menemukan winning product anda. Tidak harus semua kriteria di atas terpenuhi minimal ada beberapa kriteria yang ada. 

Minggu, 11 Oktober 2020

Manfaat layanan fulfillment gudang online crewdible untuk pemilik produk supplier / produsen

https://youtu.be/BQiL4_5HbV8

Jasa fullfilment adalah jasa yang membantu para penjual online dalam pemenuhan pesanan mulai penyimpanan barang, packing. Hingga pengiriman ke jasa ekspedisi. 

Untuk pemilik produk banyak yang menanyakan kenapa musti pakai gudang online, lagian kita bisa kirim sendiri produknya ngga perlu di titipin ke jasa fullfilment. Pasti ada beberapa kendala 

Efisiensi Waktu
Sebagai pemilik toko online kita sering kehabisan waktu menurus kegiatan operasinal rutin seperti packing atau kirim barang tertuama buat yang belum memiliki karyawan. Untuk itu dengan mengalihkan kegiatan tersebut ke gudang online kita bisa banyak Efisiensi waktu. Sehingga kita bisa lebih  fokus dalam memikir strategi marketing , menyediakan barang dan proses produksi. 

Masalah domisili : pemilik produk atau produsen terkendala dengan domisili tempat tinggal . Ini saya rasakan sendiri saat tinggal di kota kecil jika alamat toko saya set sesuai tempat tinggal saya . Banyak customer yang kebanyakan dari JABODETABEK tidak jadi beli karena mengeluh ongkos kirimnya mahal. Untuk itu agar bisa menjangkau customer yang berada di kota besar kita bisa titipkan barang kita ke jasa fulfilment . 

Kecepatan pengiriman
Misal kita punya customer di jakarta sedangkan lokasi kita berada di surabaya pasti akan terkendala jika ada customer yang pengen barang sampai dengan cepat. Dengan pakai gudan online bisa kita titipkan barang di jakarta yang lebih dekat dengan customer. Selain hemat ongkir juga pengiriman bisa lebih cepat.  

Efisiensi SDM , memakai jasa pemenuhan pesanan dapat menghemat pengeluaran rutin bisnis anda untuk menggaji karyawan baigan gudang ,packing , atau kurir antar. 

Dapat memanfaatkan jasa ojek online. 
Pasti pernah ya ada customer yang butuh barang cepet dan minta order pakai gojek atau grab. Kalau lokasi kita jauh dari kota biasanya terkendala tidak bisa di jangkau kurir ojek online. Dengan pakai gudang kita bisa memilih lokasi yang strategis biar bisa support dengan ojek online. 

Volume produk , jika kita kirim barang menggunakan jasa kirim reguler untuk produk besar. Maka akan ada kendala biaya ongkir yang mahal kalau terkena volume. Jika kita bisa membuka cabang yang lebih dekat dengan Pembeli maka akan sangat hemat dalam biaya pengiriman. 

Keterbatasan ruangan penyimpanan, untuk yang mengawali usaha d toko online dari rumah. Makin lama stock menumpuk dan memenuhi ruangan rumah. Daripada kita beli properti baru atau menyewa rumah menitipkan barang ke gudang online crewdible bisa jadi pilihan yang paling tepat. 

Membuka cabang, solusi mudah bagi anda untuk menjangkau customer di kota-kota besar. Dengan makin dekat lokasi customer anda akan lebih bisa menghemat ongkos kirim bahkan bisa kasih ongkos kirim gratis. Serta kecepatan proses pesanan bisa di hari yang sama dengan memanfaatkan jasa ekspedisi ojek online. Sebelumnya riset dulu dari data penjualan daerah kota mana saja yang banyak membeli produk anda. 

Kurir terbatas, kalau kita tinggal di daerah kota kecil ada beberapa aekspedisi yang tidak memiliki agen 

Memfasilitasi para dropshiper.  Sebagai supplier pasti sering dapat pertanyaan ini :
- Bisa pakai resi otomatis ngga? 
- Bisa pakai sicepat cashless? 
Kalau pakai jasa gudang online mau pakai kurir apaanun dan jenis resi manual atau otomatis bisa di layani. 


Terakhir ada beberapa Tips untuk para supplier atau pemilik barang dalam penggunaan gudang online crewdible :
- agar ongkos kirim ke gudang murah bisa memanfaatkan jasa cargo jnt trucking, wahana , atau via travel.
- berikan ongkos kirim gratis untuk customer di dalam kota.

Untuk saat ini jasa  fulfilment memang belum populer tapi kedepan , bisnis toko online akan berovoleusi dan makin berkembang dalam hal sistem distribusi dan manajemen yang murah efektif dan efisien. 

Senin, 05 Oktober 2020

Daftar istilah tracking kurir ekspedisi

Sebagai seller online kita tidak bisa lepas dari dunia logistik , dan kadang pasti mengalami beberapa masalah dan kendala dalam proses pengiriman . Untuk Cek status pengiriman kita sering cek tracking di website kurir atau via aplikasi dan sering menemui Istilah-istilah yang di singkat. Jadinya kita sering bingung dan tidak tau maksud dari istilah-istilah tersebut. Berikut beberapa istilah yang berlaku tidak hanya JNE tapi berlaku standar untuk kurir yang lain. 

AU (ANTAR ULANG)Paket Anda sedang diproses untuk antar ulang karena tidak terkirim di hari sebelumnya
AU TO OPSPaket Anda sedang diserahkan dari bagian yang menangani masalah kiriman ke bagian operasional untuk diantar ulang
BA (BAD ADRESS)Alamat yang tertera di paket kurang lengkap atau kurang jelas sehingga pihak kurir mengalami kesulitan untuk mengantarkan paket ke tempat tujuan.
BOX DELAYPaket Anda masih disimpan JNE tetapi tidak dikirimkan karena alamat sulit ditemukan
BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED)Paket Anda sudah diantarkan kurir ke tempat tujuan tetapi tidak ada orang di tempat.
CC (CRISS CROSS)Suatu keadaan dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket. Bisa jadi paket Anda tertukar dengan paket orang lain.
CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPTKurir sudah mengantarkan paket Anda ke alamat tujuan tetapi tempat tujuan sedang tutup.
CNEEE UNKNOWN (CONSIGNEE UNKNOWN)Paket sudah diantarkan ke alamat tujuan tetapi tidak ditemukan nama yang sama sesuai dengan nama penerima yang tertera di paket.
DELIVEREDPaket sudah sampai di tempat tujuan dengan aman dan selamat. Nama penerima paket biasanya akan disertakan disini.
DELIVERY TIMEWaktu pengiriman dari JNE di kota tujuan ke alamat yang dituju.
DEPARTED FROM TRANSITPaket Anda berada di tempat transit
HO (HAND OVER)Paket Anda serang diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan ke agen JNE yang lebih dekat dengan alamat tujuan.
HO TO HVSPaket Anda berisi barang berharga. Karena itu paket sedang diurus oleh bagian khusus yang menangani barang berharga.
HOLDPaket Anda sedang ditahan oleh pihak JNE
HOLD RUSAKPaket Anda sedang ditahan oleh JNE karena terjadi kerusakan.
INVALID BAGPaket Anda tersasar ke jalur yang salah karena masuk ke tas yang salah.
LBA (LUAR BATAS ANTAR)Lokasi tujuan akhir paket berada di luar zona jangkauan dari JNE
MANIFESTPaket sudah dimasukkan ke daftar pengiriman oleh JNE
MR (MISROUTE)Kurir mengalami kesalahan jalur dalam mengirim paket Anda
NTH (NOT AT HOME)Penerima paket sedang tidak ada saat kurir JNE datang
ON-PROCESSPaket sedang diproses untuk pengiriman
ON-TRANSITPaket sedang dalam proses transit, biasanya untuk pengiriman antar pulau.
POD (PROCESS ON DELIVERY) DETAILPaket akan diantar oleh kurir
PROCESSED AT SORTING CENTERPaket sudah disortir dan dalam proses untuk dikirim ke tempat selanjutnya.
RECEIVED AT ORIGIN GATEWAYPaket Anda sudah diterima di gudang jalur terkait dan akan diteruskan ke gudang pusat di kota tujuan.
RECEIVED AT SORTING CENTERPaket kiriman sedang disortir sebelum dikirim
RECEIVED AT WAREHOUSEPaket Anda sudah sampai di gudang JNE terdekat dengan kota tujuan.
RECEIVED ON DESTINATIONPaket Anda sudah dikirimkan dan sampai di kota tujuan
SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATIONPaket dikirim ke kantor JNE terdekat di kota tujuan
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICERPaket Anda sudah diterima oleh JNE pusat
STATUS KOSONGKesalahan input data oleh pihak JNE. Belum masuk manifest atau kesalahan terdapat pada database
WITH DELIVERY COURIERPaket dibawa oleh kuri 

Selasa, 22 September 2020

Tools Menggabungkan Chat Berbagai Marketpalce Menjadi Satu Dashboard

Untuk saat ini sudah banyak marketpalce bermunculan , untuk itu tidak ada salahnya kita manfaatkan semua untuk media berjualan. Tapi muncul kendala jika mengelola toko lebih dari satu bahkan lebihd dari satu marketplace. Antara lain respon chat lama sehingga bisa menurunkan rating kecepatan respon dan gagal closing penjualan karena respon lambat. 
komputer jadi berat karena harus membuka tab browser banyak untuk tiap akunnya. 

Kali ini ada solusi untuk mengatasi hal itu yaitu dengan menggunakan salah satu fitur dari Omni Channel Genie. Fitur ini bernama genie chat, fungsinya menggabungkan chat dari beberapa akun toko markeapace menjadi satu dashboard. Perbedaan aplikasi ringan 

Bagaimana soal keaman akun ?
Genie menggunakan sistem API jadi sudah mendapat ijin dari pihak marketplace. 

- Genie Chat berbentuk aplikasi, tersedia untuk Windows dan Mac, kamu dapat mengunduhnya di dashboard Genie. Apabila kamu tidak melihat ikon Genie Chat pada dashboardmu, coba log out kemudian log in kembali untuk merefresh page.
- Waktu free trial Genie chat dapat berakhir sewatu-waktu
- Apabila waktu subscribe ataupun free trial Genie omnichannel kamu berakhir, maka Genie chat juga tidak dapat digunakan lagi meski waktu free trial Genie Chat belum berakhir.

Jika ada kendala atau pertanyaan mengenai Genie Chat, jangan ragu untuk menghubungi kami ya! Genie dengan senang hati siap membantu! 
Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba! 

Registrasi via link berikut: https://bit.ly/2BC2t0r

Untuk info lebih lengkap dan mendaftar akun genie bisa join grub whatsapp : 

Untuk lihat review saya tentang fitur genie chat bisa simak video di bawah ini. 



Kamis, 17 September 2020

Aktifkan Banyak Jasa Kirim Emang Pengaruh Meningkatkan Penjualan Di Marketplace ?


Saya sering dapat pertanyaan apakah mengaktifkan banyak jasa kirim bisa mengingkatkan penjualan di marketpalce? jawabanya iya Banget . karena dengan pakai banyak jasa kirim
1. Bisa mengakomodasi kebutuhan customer dalam pemilihan jasa kirim, mau yang pengen cepet sampai, apa mau yang santai aja yang penting murah , atau ada yang pengen cepet di hari sama yang sampai seperti pakai gojek grab. 
2. Bisa ikut promo di MP , setiap marketplace memiliki kerjasama beda dengan pihak ekspedisi untuk promo serpeti gratis ongkir. Untuk yang berjualan di beberapa marketplace pasti otomatis harus mengaktifkan kurir yang berbeda juga untuk setiap toko di marketplace supaya bisa ikut promo gratis ongkirnya. 

Nanti pasti ribet dong kalau aktifin banyak kurir , harus keliling nganter dari agen satu ke agen lainya?
tenang ada solusinya kita bisa titipkan barang kita ke jasa pemenuhan pesanan di crewdible . Jasa pemenuhan pesanan crewdible support banyak kurir sehingga anda mudah mau pakai kirim jasa kurir apa aja. Info lebih lengkap mengenai jasa pemenuhan pesanan atau gudang online crewdible bisa simak di list dbawah ini . 


Yang mau buat akun Crewdible dan dapat saldo 60.000 + 20.000 + gratis konsultasi langsung seputar penggunaan gudang masukan kode refferal : iyandri
Konfirmasi ke Wa : https://bit.ly/2Wcs7QV
Link daftar Crewdible : https://bit.ly/3chRN4o

Link download PDF panduan penggunaan crewdible :
https://crewdible.com/pdf/Panduan-Penggunaan-Crewdible-Seller.pdf

Tentang Fullfilment Crewdible :
- Alasan pakai Gudang Online : https://youtu.be/5cigikFBWrI
- Biaya Gudang : https://youtu.be/oPbcaFb8gxY
- Pengalaman 1 Tahun Dengan Crewdible : https://youtu.be/RBxY-vDXIas
- Review Lengkap Apps Crewdible : https://youtu.be/GPnqZ8kSlrQ
- Manfaat Gudang Online Untuk Supplier : https://www.youtube.com/watch?v=BQiL4_5HbV8

Tutorial Dasar :
- Cara daftar + Dapat saldo 60.000 : https://youtu.be/kshLvuXR0tI
- Panduan awal Memakai Crewdible : https://youtu.be/iv-gh5GfiTo
- Cara kirim stock barang ke gudang : https://youtu.be/CWP-4pw2XIk

Cara Proses Pesanan :
- Tokopedia > Anter aja : https://youtu.be/ctnTjLa9rac
- Blibli > JNE Cashless : https://youtu.be/ctnTjLa9rac
- Shopee > Gosend : https://youtu.be/LQCnxkpalyc
- Shopee > JNT COD : https://youtu.be/BO7XXVqP2gU
- Bukalapak > Grab : https://youtu.be/ZwfavNQ2ZUk
- Zilingo > SAP : https://youtu.be/HbUzNZX61MY

Dropship Transit :
- Tokopedia > LAZADA : https://youtu.be/rJZyyfi3nac

Tips :
- Strategi Dropship Pakai Crewdible : https://youtu.be/GdJCBWlbnnQ

Fitur :
- Cara Dropship Transit : https://youtu.be/ztstjizI6cA
- Integrasi Shopee >< Crewdible : https://youtu.be/aT-PF-nSheY

Rekomendasi Mitra Gudang :
- Gudang Surabaya : https://youtu.be/BaDvNbyoCzA
- Gudang Jakarta : https://youtu.be/sAUIkPTyeh4

Update :
- Shopee Open platform Crewdible : https://youtu.be/FUo-Us0CPVE
Integrasi dan cara proses order Lazada x Crewdible : https://www.youtube.com/watch?v=3qJqZBqBK-o

Kamis, 10 September 2020

Biaya admin Star Seller dan Non Star Seller Shopee Terbaru 2020

Biaya admin shopee sudah mengalami perubahan lagi , tidak hanya star seller . Untuk non star seller juga sudah di kenakan biaya admin.  

Untuk Biaya admin final yang dikenakan ke Penjual Star adalah sebesar 1,5% dari setiap transaksi penjualan.

Perhitungan Biaya Admin Final Program Star = (Harga asli produk - diskon & voucher ditanggung Penjual) x 1,5% biaya admin final.
 

 

 
  • Biaya admin tidak akan dikenakan ke ongkir, diskon/voucher ditanggung Penjual.
  • Penjual bisa mengecek biaya admin di rincian pesanan & penghasilan, baik melalui aplikasi ataupun Seller Centre.
  • Penjual yang belum bergabung dalam program Star, namun di kemudian hari memenuhi kriteria Penjual Star, akan mendapatkan notifikasi untuk bergabung dalam program Star pada hari Kamis dan akan tergabung menjadi Penjual Star pada hari Senin di minggu selanjutnya jika bersedia.
  • Penjual Star tidak perlu melakukan konfirmasi apapun setelah menerima notifikasi bergabung dalam program Star. Mohon menjaga performa toko untuk mempertahankan status Star.

  1. Siapakah Penjual yang akan dikenakan biaya admin Non-Star?

Biaya admin Non-Star akan dikenakan kepada Penjual yang:

  • Telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan sejak bergabung di Shopee

  • Berstatus Non-Star
     

Untuk menghitung total pesanan terselesaikan:

  1. Kunjungi halaman Saya di aplikasi Shopee

  2. Klik Toko Saya

  3. Klik Penghasilan Saya 

  4. Klik tab Pesanan Selesai

  5. Pilih periode waktu sejak Penjual bergabung di Shopee

  6. Hitung total pesanan terselesaikan

 

  1. Ilustrasi Perhitungan biaya admin Non-Star?

RINCIAN PERHITUNGAN BIAYA

Biaya Admin = (Harga Asli Produk - Diskon Produk atau Voucher Ditanggung Penjual) x 0.5%
 

 


 

Catatan:

  1. Biaya admin Non-Star tidak dikenakan ke ongkir dan diskon/voucher ditanggung Penjual.

  2. Biaya admin Non-Star belum termasuk biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA dan/atau Cashback XTRA.

  3. Shopee berhak sewaktu-waktu mengubah, menambah, atau memodifikasi Syarat & Ketentuan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  4. Tidak ada maksimal biaya admin per kuantitas produk.                                        

 

  1. Pemberlakuan biaya admin non star seller Shopee

Biaya admin Non-Star mulai diberlakukan per 1 September 2020 pk. 00:00 WIB untuk Penjual yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan per 26 Agustus 2020. 

Selanjutnya:

  1. Penjual Non-Star yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan per hari Rabu pk. 00:00 WIB di setiap minggunya, akan dikenakan biaya admin Non-Star mulai hari Jumat pk. 00:00 WIB di minggu tersebut.



 

  1. Penjual Star yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan dan tidak lagi tergabung dalam program Star pada hari Senin setiap minggunya, akan dikenakan biaya admin Non-Star mulai hari Selasa pk. 00:00 WIB di minggu tersebut.



 

  1. Apa saja keuntungan yang didapatkan oleh Penjual Setia Shopee?

Penjual Setia Shopee (Penjual dengan status Non-Star/Star dan telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan sejak bergabung di Shopee) akan mendapatkan keuntungan eksklusif berikut ini:

  1. Akses 2 fitur eksklusif:

  • Menu Panduan Penjualan di Fitur Bisnis Saya untuk mendapatkan data penjualan yang lebih lengkap. Lihat info lengkapnya di sini.

  • Fitur Sub-Akun untuk pembagian kerja bagi toko dengan lebih dari 1 admin yang lebih mudah. Lihat info lengkapnya di sini.

  1. Diskon 15% biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA.

Rabu, 09 September 2020

Tips Meningkatkan Penjualan Di Shopee

cara meningkatkan penjualan di shopeeDi tahun 2020 Shopee menjadi peringkat 1 sebagai marketplace dengan kunjungan paling tinggi. Untuk itu marketplace ini masih sangat menarik untuk di gunakan sebagai platform jualan online. Selain memberikan banyak promo diskon dan free ongkir , shopee menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk penjualnya. 



Secara tekhnis :
  • Buat Judul Tepat dan Relevan , untuk menentukan judul lakukan riset terlebih dahulu. Cara paling mudah dengan memasukan kata kunci yang ada di rekomendasi pencarian. Dan bisa meniru dan memodifikasi produk kompetitor yang tampil di halaman pertama. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai optimasi judul produk bisa cek di video ini. 
  • Deskripsi, tulis deskripsi lengkap mulai dari spesifikasi , fitur , atau manfaat dan cara penggunaan untuk produk-produk tertentu. Hal ini untuk menghindari customer bertanya melalui chat. Serta tulis ulang judul karena bisa meningkatkan SEO baik internal mauapun eksteral. 
  • Bujuk untuk Follow , arahkan para calon customer untuk memfollow akun toko kita . Bisa tulis di deskripsi atau bisa melalui chat langsung dengan menawarkan voucher diskon pasti akan lebih menarik customer untuk follow. 
  • Minta review dan nego jika dapet jelek , setiap selesai transaksi respon penilaian yang di berikan oleh customer. Dan apabila dapat respon negatif selesaikan dengan memberikan solusi seperti pengga tian barang atau dana agar mau mengganti review buruk. 
  • Share sosmed, bagikan semua listing produk shopee anda ke semua social media yang anda punya. Selain bisa nambah view produk bisa sangat efektif untuk dapat orderan juga dari customer dari social media. 
  • Upload produk rutin, untuk para dropshipper yang punya produk banyak uploadlah produk secara berkala dan konsisten jadi seperti menggunakan social media. Para pembeli yang memfavoritkan toko akan mendapat status update jika anda mengupload produk baru. 
  • Segera Input Resi Pengiriman, ini juga meningkatkan penilaian toko mengenai masa pengemasan. Makin cepat masa pengemasan bisa menjadi nilai tambah untuk toko anda.
  • Ikut Promo Gratis Ongkir, ikut promo gratis ongkir shopee dengan cara verifikasi identitas anda dan hindari terkena pinalti. 
Maksimalkan penggunaan fitur di Shopee : 
  • Desain Toko , bisa di lakukan dengan mendesain banner yang menarik dan gunakan foto profil yang mewakili brand atau produk yang anda jual. Jangan lupa untuk mengatur kolom produk pilihan, agar produk yang anda unggulkan atau best seller bisa mudah di temukan oleh customer yang mengunjungi toko anda. Gunakan fitur desain toko agar lebih mudah. 
  • Menjadi Star seller, menjadi star seller punya banyak manfaat selain dapat tag star seller, produk kita akan lebih di rekomendasikan di hasil pencarian Shopee. 
  • Iklanku shopee, fitur iklan berbayar ini sangat efektif untuk baik untuk meningkatkan view produk atau penjualan. Kita juga dapat data statistik view produk saat di promosikan . Dan gunakan fitur iklan terbaru shopee juga yaitu iklan produk serupa. 
  • Selalu respon chat, di shopee respon aktivitas chat kita akan di nilai . dan usahakan agar presentase nya tinggi chat harus berakhir di kita . Bisa dengan ucapan trimakasih atau sekedar mengirimkan emote icon . Usahakan pula segera cepat balas chat instal aplikasi di handphone jadi bisa cepat dapat notifikasi pesan masuk. untuk memudahkan respon chat jika sedang offline bisa Gunakan fitur jawab otomatis
  • Tambahkan Video Produk , masukan video produk  dengan durasi yang cukup yang penting bisa memuat informasi produk yang di butuhkan oleh customer.
  • Set diskon ( Promo Toko ), biarpun cara klasik tapi dengan diskon masih sangat menarik minat calon customer. karena poruduk kita di lisitng di kategori produk disko juga terdapat badge diskon di foto produk. 
  • Buat Voucher , di shopee ada fitur untuk kita memberikan 2 jenis voucher , pertama potongan bisa untuk cross selling dengan memberika kupon untuk minimal berbelanja jumlah tertentu.  Dan voucher yang tidak di tampilkan gunanya untuk follow up pembeli yang sudah masukan produk ke keranjang tapi belum melakukan pembayaran. Sehingga bisa meningkatkan tingkat konversi dan omzet penjualan makin tinggi. 

  • Naikan produk, fitur gratisan ini harus selalu di manfaatkan . selain gratisan ini cukup efektif menaikan produk kita agar tidak tenggelam. Tapi kita di batasi 5 produk tiap jamya. Untuk menaikan poduk bisa di lakukan menggunakan aplikasi shopee atau melalui desktop di seller.shopee.co.id
  • Ikuti Program Flash Sale , tujuan dari flashsale yang utama adalah meningkatkan popularitas toko dan meningkatkan jumlah feedback. Jadi jangan berharap untuk mendapat profit besar jika mengikuti flash sale karena harga harus di tekan paling murah untuk tembus program flash sale.
  • Ikuti Promo Shopee, Daftarkan produk anda untuk menjadi nominasi Promo shopee, karena promo shopee berdasar kategori. Selalu ikuti update promo dari shopee agar tidak ketinggalan. 
  • Aktifkan Banyak Ekspedisi, dengan mengakitfkan banyak ekspedisi memberi kebebasan customer untuk memilih sesuai kebutuhanya. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur terbaru COD Shopee
  • Rutin update produk di Shopee feed, fitur baru dari shopee untuk memposting konten tentang toko anda. Bisa anda manfaatkan untuk posting produk baru , promo, kupon diskon. Bisa sangat efektif mendatangkan traffic pelanggan dari fitur feed yang ada di aplikasi shopee. 
  • Shopee live, buat video life produk2 terbaik anda dan bisa live dengan menunjukan kegiatan toko atau stock di gudang anda . Sangat efektif untuk meningkatkan trust pembeli dan traffic pembeli baru. 
Jaga performa toko dengan menghindari hal berikut :
  • Penolakan pesanan, usahakan jangan sering menolak pesanan karena akan mengurangi point rating toko kita di shopee. Pantau terus stock dan batas waktu pengiriman agar terhindar dari penolakan pesanan. 
  • Poin Pinalti, pahami dan ikuti semua aturan di shopee agar anda tidak terkena poin pinalti. 
  • Terlambat Merespon Chat, tidak merespon chat akan mengurangi point toko anda jadi usahakan bisa merespon semua chat yang masuk.
  • Mengupload produk KW , jangan upload produk branded namun KW walaupun sudah di beri keterangan. Karena shopee menindak tegas seller yang menjual produk KW dengan menghapus produk bahkan menonaktifkan toko anda. 
  • Salah Kategori , hindari mengupload produk di kategori yang tidak tepat. Selain bisa terkena point pinalti , kesalahan pemilihan kategori menyebabkan produk tidak di temukan di hasil pencarian berdasarkan kategori. 


Senin, 07 September 2020

Kisah Perjalanan Berjualan Di Bukalapak Hingga Saat Ini

Perkenalkan saya iyandri , tergabung di komunitas bukalapak Yogyakarta . Di artikel kali ini say a ingin bebagi sedikit kisah bukalapak di kehidupan saya.


Saya awal mula menggeluti jualan online di beberapa forum dan situs iklan baris.  Dan saat itu lahirlah platform baru jualan online marketlace bukalapak. Jadi di tahun 2011 awal mula berdirinya buaklapak saya langsung daftar dan berjualan.  Dulu hanya iseng jualan aja listing produk di bukalpak hanya sekedar upload produk dan ternyata langsung ada yang beli . Semakin lama penjualan meningkat terlihat seperti lancer-lancar aja ya ngga ada yg seru .

Selain berjualan saya juga menjalankan bisnis forex di saat itu , karena lost banyak dan di tipu beberapa broker akhirnya sya putuskan berhenti.  Namun tiba Seiring berjalanya waktu karena mulai banyak persaingan dan toko tidak terus karena ngga focus sambal bisnis forex akhirnya mulai sepi , bahkan sampai drop penjualan pun ngga ada. Dan lihat akun competitor lain yang akun baru buat jumlah feedbacknya sudah banyak melebihi akun saya. Sedangkan punya saya udah 8 tahuun berjalan 1000 transaksi aja belum ada.  Baru deh saya sadar tertampar keras bahwa ada yang salah dengan diri saya . apakah itu ? yaitu saya terjebak oleh yang namanya zona nyaman , kurang foku dan Berhenti belajar. Padahal pekerjaan saya full hanya berjualan online ,

 

Akhirnya cari-cari informasi di bukalapak dan ketemulah forum komunitas . Langsung saja dulu ikut gabung komunitas yogyakarta yang di tante ressy dan kk. Alasan saya bergabung komunitas belajar dari praktisi orang yang bener-bener manjalanakan bisnis berjualan online di bukalapak. Karena saya sering aktif di grub komunitas bukalapak saya di beri kesempatan menajdi Ranger.

Dari hasil belajar dari teman teman komunitas dan Mengikuti webinar dari bukalapak. Toko di bukalapak saya mulai di rombak dan saya rawat sungguh2.  Transaksi di bukalapak kembali lancar dan cukup lah buat biaya hidup saya saat masih single. Dan dari terkumpulnya profit bisa  punya bisnis baru usaha rental kamera .

 

Singkat cerita dari sedikit tabungan yang di miliki saya beranikan untuk menikah. Walaupun belum punya pekerjaan lain selain jualan online. Dan kami berdua memutuskan untuk merantau karena istri juga masih bekerja di kota sebelah. Namnaya hidup ngga pernah berjalan mulus ya . Setelah belum lama menikah karena banyak kamera yang hilang karena di tipu para client yang sewa kamera . Akhirnya saya memutuskan untuk menutup usaha rental kamera dengan kerugian yang cukup besar dan hutang ke beberpa investor.

 

Dan ada lagi bencana yang menghantam Karena saya hanya sebagai dropshiper berjualan di bukalapak, kembali lagi ya karena kesalahan saya ngga menentukan target yang jelas dan tujuan . Karena banyak seller yang berjualan produk yang sama maka pesaing makin banyak, beberapa supplier bankrut dan akhirnya penjualan drop lagi bahkan pernah beberapa hari tidak ada penjualan sama sekali . Padahal lagi banyak butuh dana buat menghidupi anak yang masih bayi dan istri tinggal di perantauan. Pastilah sebagai suami rasanya hancur karena ngga ada pemasukan bahkan sampai berhari-hari . Walaupun istri bekerja tapi tetap harga diri sebagai lelaki sudah hilang.

 

Jangnakan untuk ngasih uang ke orang tua dan mertua , untuk biaya makan sehari-hari pun saya ngga sanggup saat itu. Wajarlah akhirnya kita kadang berantem karena masalah pekerjaan saya sebagai full time seller online. Sampai saya hamper putus asa untuk cari pekerjaan lain biar ada pemasukan. Beruntung istri masih mau bersabar saya masih di beri kesempatan untuk melanjutkan usaha took online saya di bukalapak. Walaupun harus malu hidup beberapa bulan bergantung dari penghasilan istri .

 

Terus saya putuskan , ngga bias kalu selamanya jadi dropshiper terus sulit untuk berkembang.  Akhirnya saya beranikan untuk stock produk sedikit demi sedikit produk yang sering laku dan yang modalin juga istri juga tambah malu lagi nih saya cerita di sini :D .

 

Selain mulai sedikit demi sedikit nambah stok Agar penjualan makin maksimal toko saya  Upgrade menjadi super seller, ngga tanggung tanggung langsung yang gold. 

 

Walaupun agak ragu saat itu karena masih fitur baru

Alhamdulillah , ternyata worthed banget setelah upgrade super seller omzet makin bertambah.

Peningkatan transaksi langsun signifikan lebih mudah closing karena toko jadi lebih terpercaya dengan badge super seller di mata customer.

yang paling terasa produk kita dapat pritoriats tampil di halaman depan di hasil pencarian,

Lebih banyak dapat undangan untuk mengikuti promo resmi dari bukalapak dan bebas biaya pula. 

 dari beberapa pengalman berjualn tadi  saya tuangkan dalam artikel blog dan beberapa konten youtube . Niatnya hanya untuk berbagi karena untuk berbagi materi masih belum bisa kasih banyak maka saya berbagi dalam bentu ilmu dan pengalaman.  ternyata juga ramai sekarang sudah tembus 17.000  subscirber.  Dan sering beberapa kali saya di undang untuk memberikan pelatihan ke UKM walaupun sebenarnya belum pantas . Tapi demi berbagi manfaat dan ilmu saya beranikan untuk jadi pembicara walaupun ngga punya basic sama sekali menjadi trainer.

 




terimakasih untuk bukalapak , jembatan saya mencapai posisi saaat ini. Meskipun jauh di bilang sukses tapi berkat bukalapak saya dapat berbagai pengalaman dan kehidupan yang lebih baik. 

Jadi saran saya buat temen-temen yang berjualan online. Awas terjebak zona nyaman tetep terus upgrade skill dan terus belajar. Semoga sedikit cerita dari saya ini bisa bermanfaat buat teman2. Oh iya saya mengucapkan juga terimakasih buat orang tua dan isri tercinta yang setia menampingi walaupun saat di kondisi terendah . Dan sekarang istri saya juga punya toko sendiri ikut berjualan online di bukalapak lho walaupun sedikit saya paksa.

Serta ucapan terimakasih untuk komunitas bukalapak Yogyakarta yang menganugerahkan banyak pengalaman dan arti pentingnya solidaritas yang sangat berpengaruh menjadi kan saya saat ini.

 

Sebetar sebelum closing saya mau teriak jargon komunitas bukalapak Jogja

 

Salam JOSS GANDOS , tambah sedulure Laris dodolne .

Artinya tambah saduara , laris jualanya.

 

Salam,

Iyandri Tiluk Wahyono