Semua tips trick dan review seputar digital marketing berjualan di platform berbasis Marketplace.
Senin, 21 Desember 2020
Produk Laris Di Marketplace Tahun 2021
Rabu, 16 Desember 2020
Cara Mengatasi COD di luar Marketpalce
Rabu, 09 Desember 2020
Cara MeningkatkanTraffic Pengunjung Toko Di Marketplace LAZADA
- Judul produk , pilih kata kunci yang relevan letakan pada awal judul produk. Bisa lakukan riset dari hasil rekomendasi kotak pencarian atau dari google trends.
- Foto Produk , buat foto produk semenarik mungkin dan berbeda dari kompetitor. Sehingga saat produk anda muncul di hasil pencarian , minimal di klik oleh pembeli. Karena traffic datang awalnya dari tampilan gambar.
- Deskripsi : tulis ulang judul di awal deskripis agar meningkatkan SEO produk di mesin pencari.
- Rajin ikut campaign, selalu pantau campaign yang sering di adakan di Lazada. Karena tidak semua toko dan kategori produk bisa ikut. Tapi sebelumnya pastikan pahami syarat dan ketentuan promo campaign agar anda tidak rugi terlalu besar karena kebanyakan memberikan promo ke pelanggan.
- Aktifkan free shipping, gratis ongkir di Lazada tidak seperti marketplace lain. Yang bisa d subsidi sebagian oleh marketplace. Tetapi untuk promo gratis ongkir harus di tanggung oleh seller. Agar aman tetapkan batas klaim gratis ongkir agak tinggi agar tidak terlalu banyak yang claim. Karena kita sudah emberikan promo diskon yang lain. Yang penting gratis ongkir tetep aktif agar logo gratis ongkir muncul di toko kita sehingga lebih menarik buat pelanggan.
- Flash sale , untuk mengikuti flash sale memang butuh pengorbanan mengurangi profit karena harus memberikan diskon. Tapi jika produk kita masuk ke flash sale bisa mendatangkan banyak kunjungan ke produk dan toko.
- Naikan produk fitur ini berfungsi untuk meningkatkan posisi produk anda di halaman terdepan di hasil pencarian. Tapi untuk fitur naikan produk ini di batasi tergantung dengan omzet penjualan dan sudah menggunakan dekorasi toko, jadi untuk dapat slot lebih banyak anda harus meningkatkan penjualan terlebih dahulu.
- Live streaming, fitur baru dari Lazada konten video live streaming. Anda bisa buat live bahas kegiatan toko anda atau review produk. Demgma live bisa mengingatkan Trust toko dan menambah follower toko.
- Cek bisnis analis : keyword yang di cari customer untuk menemukan produk anda di Marketplace
- Feed , rutin dan konsisten posting di feed lazada. ini termasuk fitu baru di lazada yang berbasis seperti di sosial media. Cukup efektif juga untuk mendatangkan traffic , kuncinya buat konten yang menarik dan pergunakan hastag yang relevan dengan produk yang kalian jual.
- Produk bersponsor / Pencarian bersponsor, merupakan fitur promosi berbayar dari LAZADA. Dimana produk kita nanti akan tampil di samping halaman produk. Promo ini cukup efektif untuk mendatangkan traffic jg di lazada.
- Afiliasi bersponsor, manfaatkan fitur promo ini untuk mendapatkan traffic tambahan. Jika ikut program affiliasi bersponsor produk anda akan di tawarkan oleh para affilaiter atau istilahnya makelar . Sehingga akan tersebar di media platform lain bisa website , sosmed, atau iklan berbayar. Dan anda hanya akan membayar biaya komisi atau ikalan seetelah produk laku. Untuk info lebih jelasnya bisa simak di video ini > https://www.youtube.com/watch?v=UlMwUi_9Cdk
Kamis, 19 November 2020
Pilih Kata Kunci Luas atau Spesifik di Iklanku Shopee
Kamis, 05 November 2020
3 Fase Beriklan di Marketplace Agar tidak Rugi
Artikel blog kali ini akan membahas 3 fase beriklan di marketplace. Yaitu gimana tahapan proses menggunakan iklan berbayar di marketpalce agar berhasil dan efektif.
Tahap pertama yaitu Testing , di tahap ini kita menjalankan iklan untuk mendapatkan data. Yaitu berupa pengunjung , waktu paling banyak di klik customer, dan produk yang berhasil terjual.
- Pemilihan produk ( Gunakan auto) & kata kunci , proses pertama yang di lakukan untuk menentukan kandidat produk mana yang layak untuk di iklankan.
- Lakukan riset
- Pakai bid terkecil
- Coba beberapa jenis iklan
Running , di tahap ini iklan harus di jalankan dalam waktu tertentu dan sudah di tentukan untuk budgetnya.
- Fokuskan keyword yang menghasilkan
- Jalankan dalam durasi waktu Tertentu
- Budgeting
- Evaluasi ( ctr, Closing)
- Batasi Waktu
Scale Up , setelah dapat produk dan iklan yang tepat selanjutnya tinggal di ubah sekalanya. Bisa meningkatkan budget dan durasi iklan tayang.
- Set Target
- Tambah Budget iklan
- Tambah durasi iklan
Minggu, 18 Oktober 2020
Penyebab Produk Di Marketplace Shopee Anda Sering DiBlokir atau Dihapus
Buat yang sudah berjualan di Marketpalce Shopee pasti pernah mengalami produk tiba-tiba di blokir atau di hapus oleh admin shopee . Dan pasti kecewa banget produk yang diblokir sudah ada review banyak dari pelanggan. Dari beberpa kasus penyebab produk sering di blokir antar lain :
1. Menaikan harga produk kemudian di diskon / promo , jika anda ingin mengaktifkan promo diskon di toko jangan naikan harga terlebih dahulu.
2. Pelanggaran Merk, permintaan pemilik merk. Ada beberapa produk yang membatasi penjualan produk di marketplace . Biasanya ini karena merk tersebut sudah memiliki official store di shopee.
3. Produk palsu imitasi kw , untuk yang jualan produk tiruan replika atau KW ini sudah jelas melanggar peraturan di shopee. Jika ada yang bisa selamat itu karena tidak menyebutkan merk , dan sebenernya pasti nanti akan juga di blokir tinggal tunggu waktu aja.
4. Ijin Edar , Untuk anda yang jual produk merk tertentu pastikan tidak ada aturan mengenai dibatasi distribusi. Contohnya seperti produk dari perusahaan MLM yang hanya boleh di jual secara langsung bukan melalui Marketpalce.
5. BPOM , ini biasanya terjadi buat seller yang berjualan produk herbal , kosmetik , atau obat. Jadi kalau produk kalian tidak ada ijin BPOM siap-siap produk akan di blokir.
6. Gambar mengandung watermark contact atau logo star seller , memang untuk peanambahan gambar pada produk banyak di lakukan oleh seller alin tapi ada gambar yang tidak boleh di sematkan di foto produk. yaitu logo yang menunjukan seperti logo star seller. Karena ini dianggap manipulasi dan bisa merugikan customer.
7. Produk Terlarang, contohnya senjata tajam, obat-obatan terlarang dll.
8. Spam atau duplikat, jika anda mengupload produk yang sama berulang kali walaupun sudah anda bedakan gambar atau judul produknya. Maka sistem shopee akan mengindikasi produk anda sebagai spam. Atau sering juga kejadian produk identik banyak kesamaan dengan seller lain juga bisa menyebabkan produk di blokir.
Sebenernya masih banyak lagi beberapa aturan mengenai penyebab diblokirnya produk di shopee, untuk lebih lengkapnya bisa cek link di bawah ini.
https://help.shopee.co.id/s/article/Mengapa-produk-saya-dihapus-atau-diblokir-oleh-Shopee
Selasa, 13 Oktober 2020
Cara menemukan Riset winning product Laris
Riset Produk
Kumpulkan data informasi mengenai produk yang ingin kita jual. Untuk melakukan riset alat yang bisa di gunakan adalah google trend. Yaitu dengan memasukan kata kunci produk kita selanjutnya kita lihat grafik jumlah pencarianya.
Rumus
Winnig Product + engage + wow factor + problem solving + Profit tinggi
Low competitor
Minggu, 11 Oktober 2020
Manfaat layanan fulfillment gudang online crewdible untuk pemilik produk supplier / produsen
Pasti pernah ya ada customer yang butuh barang cepet dan minta order pakai gojek atau grab. Kalau lokasi kita jauh dari kota biasanya terkendala tidak bisa di jangkau kurir ojek online. Dengan pakai gudang kita bisa memilih lokasi yang strategis biar bisa support dengan ojek online.
Senin, 05 Oktober 2020
Daftar istilah tracking kurir ekspedisi
Sebagai seller online kita tidak bisa lepas dari dunia logistik , dan kadang pasti mengalami beberapa masalah dan kendala dalam proses pengiriman . Untuk Cek status pengiriman kita sering cek tracking di website kurir atau via aplikasi dan sering menemui Istilah-istilah yang di singkat. Jadinya kita sering bingung dan tidak tau maksud dari istilah-istilah tersebut. Berikut beberapa istilah yang berlaku tidak hanya JNE tapi berlaku standar untuk kurir yang lain.
| AU (ANTAR ULANG) | Paket Anda sedang diproses untuk antar ulang karena tidak terkirim di hari sebelumnya |
| AU TO OPS | Paket Anda sedang diserahkan dari bagian yang menangani masalah kiriman ke bagian operasional untuk diantar ulang |
| BA (BAD ADRESS) | Alamat yang tertera di paket kurang lengkap atau kurang jelas sehingga pihak kurir mengalami kesulitan untuk mengantarkan paket ke tempat tujuan. |
| BOX DELAY | Paket Anda masih disimpan JNE tetapi tidak dikirimkan karena alamat sulit ditemukan |
| BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED) | Paket Anda sudah diantarkan kurir ke tempat tujuan tetapi tidak ada orang di tempat. |
| CC (CRISS CROSS) | Suatu keadaan dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket. Bisa jadi paket Anda tertukar dengan paket orang lain. |
| CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPT | Kurir sudah mengantarkan paket Anda ke alamat tujuan tetapi tempat tujuan sedang tutup. |
| CNEEE UNKNOWN (CONSIGNEE UNKNOWN) | Paket sudah diantarkan ke alamat tujuan tetapi tidak ditemukan nama yang sama sesuai dengan nama penerima yang tertera di paket. |
| DELIVERED | Paket sudah sampai di tempat tujuan dengan aman dan selamat. Nama penerima paket biasanya akan disertakan disini. |
| DELIVERY TIME | Waktu pengiriman dari JNE di kota tujuan ke alamat yang dituju. |
| DEPARTED FROM TRANSIT | Paket Anda berada di tempat transit |
| HO (HAND OVER) | Paket Anda serang diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan ke agen JNE yang lebih dekat dengan alamat tujuan. |
| HO TO HVS | Paket Anda berisi barang berharga. Karena itu paket sedang diurus oleh bagian khusus yang menangani barang berharga. |
| HOLD | Paket Anda sedang ditahan oleh pihak JNE |
| HOLD RUSAK | Paket Anda sedang ditahan oleh JNE karena terjadi kerusakan. |
| INVALID BAG | Paket Anda tersasar ke jalur yang salah karena masuk ke tas yang salah. |
| LBA (LUAR BATAS ANTAR) | Lokasi tujuan akhir paket berada di luar zona jangkauan dari JNE |
| MANIFEST | Paket sudah dimasukkan ke daftar pengiriman oleh JNE |
| MR (MISROUTE) | Kurir mengalami kesalahan jalur dalam mengirim paket Anda |
| NTH (NOT AT HOME) | Penerima paket sedang tidak ada saat kurir JNE datang |
| ON-PROCESS | Paket sedang diproses untuk pengiriman |
| ON-TRANSIT | Paket sedang dalam proses transit, biasanya untuk pengiriman antar pulau. |
| POD (PROCESS ON DELIVERY) DETAIL | Paket akan diantar oleh kurir |
| PROCESSED AT SORTING CENTER | Paket sudah disortir dan dalam proses untuk dikirim ke tempat selanjutnya. |
| RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY | Paket Anda sudah diterima di gudang jalur terkait dan akan diteruskan ke gudang pusat di kota tujuan. |
| RECEIVED AT SORTING CENTER | Paket kiriman sedang disortir sebelum dikirim |
| RECEIVED AT WAREHOUSE | Paket Anda sudah sampai di gudang JNE terdekat dengan kota tujuan. |
| RECEIVED ON DESTINATION | Paket Anda sudah dikirimkan dan sampai di kota tujuan |
| SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION | Paket dikirim ke kantor JNE terdekat di kota tujuan |
| SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER | Paket Anda sudah diterima oleh JNE pusat |
| STATUS KOSONG | Kesalahan input data oleh pihak JNE. Belum masuk manifest atau kesalahan terdapat pada database |
| WITH DELIVERY COURIER | Paket dibawa oleh kuri |
Selasa, 22 September 2020
Tools Menggabungkan Chat Berbagai Marketpalce Menjadi Satu Dashboard
Kamis, 17 September 2020
Aktifkan Banyak Jasa Kirim Emang Pengaruh Meningkatkan Penjualan Di Marketplace ?
Saya sering dapat pertanyaan apakah mengaktifkan banyak jasa kirim bisa mengingkatkan penjualan di marketpalce? jawabanya iya Banget . karena dengan pakai banyak jasa kirim
Kamis, 10 September 2020
Biaya admin Star Seller dan Non Star Seller Shopee Terbaru 2020
Biaya admin shopee sudah mengalami perubahan lagi , tidak hanya star seller . Untuk non star seller juga sudah di kenakan biaya admin.
Untuk Biaya admin final yang dikenakan ke Penjual Star adalah sebesar 1,5% dari setiap transaksi penjualan.
Perhitungan Biaya Admin Final Program Star = (Harga asli produk - diskon & voucher ditanggung Penjual) x 1,5% biaya admin final.
- Biaya admin tidak akan dikenakan ke ongkir, diskon/voucher ditanggung Penjual.
- Penjual bisa mengecek biaya admin di rincian pesanan & penghasilan, baik melalui aplikasi ataupun Seller Centre.
- Penjual yang belum bergabung dalam program Star, namun di kemudian hari memenuhi kriteria Penjual Star, akan mendapatkan notifikasi untuk bergabung dalam program Star pada hari Kamis dan akan tergabung menjadi Penjual Star pada hari Senin di minggu selanjutnya jika bersedia.
- Penjual Star tidak perlu melakukan konfirmasi apapun setelah menerima notifikasi bergabung dalam program Star. Mohon menjaga performa toko untuk mempertahankan status Star.
Siapakah Penjual yang akan dikenakan biaya admin Non-Star?
Biaya admin Non-Star akan dikenakan kepada Penjual yang:
Telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan sejak bergabung di Shopee
Berstatus Non-Star
Untuk menghitung total pesanan terselesaikan:
Kunjungi halaman Saya di aplikasi Shopee
Klik Toko Saya
Klik Penghasilan Saya
Klik tab Pesanan Selesai
Pilih periode waktu sejak Penjual bergabung di Shopee
Hitung total pesanan terselesaikan
Ilustrasi Perhitungan biaya admin Non-Star?
RINCIAN PERHITUNGAN BIAYA
Biaya Admin = (Harga Asli Produk - Diskon Produk atau Voucher Ditanggung Penjual) x 0.5%
Catatan:
Biaya admin Non-Star tidak dikenakan ke ongkir dan diskon/voucher ditanggung Penjual.
Biaya admin Non-Star belum termasuk biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA dan/atau Cashback XTRA.
Shopee berhak sewaktu-waktu mengubah, menambah, atau memodifikasi Syarat & Ketentuan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Tidak ada maksimal biaya admin per kuantitas produk.
Pemberlakuan biaya admin non star seller Shopee
Biaya admin Non-Star mulai diberlakukan per 1 September 2020 pk. 00:00 WIB untuk Penjual yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan per 26 Agustus 2020.
Selanjutnya:
Penjual Non-Star yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan per hari Rabu pk. 00:00 WIB di setiap minggunya, akan dikenakan biaya admin Non-Star mulai hari Jumat pk. 00:00 WIB di minggu tersebut.
Penjual Star yang telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan dan tidak lagi tergabung dalam program Star pada hari Senin setiap minggunya, akan dikenakan biaya admin Non-Star mulai hari Selasa pk. 00:00 WIB di minggu tersebut.
Apa saja keuntungan yang didapatkan oleh Penjual Setia Shopee?
Penjual Setia Shopee (Penjual dengan status Non-Star/Star dan telah mencapai min. 100 total pesanan terselesaikan sejak bergabung di Shopee) akan mendapatkan keuntungan eksklusif berikut ini:
Akses 2 fitur eksklusif:
Menu Panduan Penjualan di Fitur Bisnis Saya untuk mendapatkan data penjualan yang lebih lengkap. Lihat info lengkapnya di sini.
Fitur Sub-Akun untuk pembagian kerja bagi toko dengan lebih dari 1 admin yang lebih mudah. Lihat info lengkapnya di sini.
Diskon 15% biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA.
Rabu, 09 September 2020
Tips Meningkatkan Penjualan Di Shopee
Di tahun 2020 Shopee menjadi peringkat 1 sebagai marketplace dengan kunjungan paling tinggi. Untuk itu marketplace ini masih sangat menarik untuk di gunakan sebagai platform jualan online. Selain memberikan banyak promo diskon dan free ongkir , shopee menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk penjualnya. - Buat Judul Tepat dan Relevan , untuk menentukan judul lakukan riset terlebih dahulu. Cara paling mudah dengan memasukan kata kunci yang ada di rekomendasi pencarian. Dan bisa meniru dan memodifikasi produk kompetitor yang tampil di halaman pertama. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai optimasi judul produk bisa cek di video ini.
- Deskripsi, tulis deskripsi lengkap mulai dari spesifikasi , fitur , atau manfaat dan cara penggunaan untuk produk-produk tertentu. Hal ini untuk menghindari customer bertanya melalui chat. Serta tulis ulang judul karena bisa meningkatkan SEO baik internal mauapun eksteral.
- Bujuk untuk Follow , arahkan para calon customer untuk memfollow akun toko kita . Bisa tulis di deskripsi atau bisa melalui chat langsung dengan menawarkan voucher diskon pasti akan lebih menarik customer untuk follow.
- Minta review dan nego jika dapet jelek , setiap selesai transaksi respon penilaian yang di berikan oleh customer. Dan apabila dapat respon negatif selesaikan dengan memberikan solusi seperti pengga tian barang atau dana agar mau mengganti review buruk.
- Share sosmed, bagikan semua listing produk shopee anda ke semua social media yang anda punya. Selain bisa nambah view produk bisa sangat efektif untuk dapat orderan juga dari customer dari social media.
- Upload produk rutin, untuk para dropshipper yang punya produk banyak uploadlah produk secara berkala dan konsisten jadi seperti menggunakan social media. Para pembeli yang memfavoritkan toko akan mendapat status update jika anda mengupload produk baru.
- Segera Input Resi Pengiriman, ini juga meningkatkan penilaian toko mengenai masa pengemasan. Makin cepat masa pengemasan bisa menjadi nilai tambah untuk toko anda.
- Ikut Promo Gratis Ongkir, ikut promo gratis ongkir shopee dengan cara verifikasi identitas anda dan hindari terkena pinalti.
- Desain Toko , bisa di lakukan dengan mendesain banner yang menarik dan gunakan foto profil yang mewakili brand atau produk yang anda jual. Jangan lupa untuk mengatur kolom produk pilihan, agar produk yang anda unggulkan atau best seller bisa mudah di temukan oleh customer yang mengunjungi toko anda. Gunakan fitur desain toko agar lebih mudah.
- Menjadi Star seller, menjadi star seller punya banyak manfaat selain dapat tag star seller, produk kita akan lebih di rekomendasikan di hasil pencarian Shopee.
- Iklanku shopee, fitur iklan berbayar ini sangat efektif untuk baik untuk meningkatkan view produk atau penjualan. Kita juga dapat data statistik view produk saat di promosikan . Dan gunakan fitur iklan terbaru shopee juga yaitu iklan produk serupa.
- Selalu respon chat, di shopee respon aktivitas chat kita akan di nilai . dan usahakan agar presentase nya tinggi chat harus berakhir di kita . Bisa dengan ucapan trimakasih atau sekedar mengirimkan emote icon . Usahakan pula segera cepat balas chat instal aplikasi di handphone jadi bisa cepat dapat notifikasi pesan masuk. untuk memudahkan respon chat jika sedang offline bisa Gunakan fitur jawab otomatis
- Tambahkan Video Produk , masukan video produk dengan durasi yang cukup yang penting bisa memuat informasi produk yang di butuhkan oleh customer.
- Set diskon ( Promo Toko ), biarpun cara klasik tapi dengan diskon masih sangat menarik minat calon customer. karena poruduk kita di lisitng di kategori produk disko juga terdapat badge diskon di foto produk.
- Buat Voucher , di shopee ada fitur untuk kita memberikan 2 jenis voucher , pertama potongan bisa untuk cross selling dengan memberika kupon untuk minimal berbelanja jumlah tertentu. Dan voucher yang tidak di tampilkan gunanya untuk follow up pembeli yang sudah masukan produk ke keranjang tapi belum melakukan pembayaran. Sehingga bisa meningkatkan tingkat konversi dan omzet penjualan makin tinggi.
- Naikan produk, fitur gratisan ini harus selalu di manfaatkan . selain gratisan ini cukup efektif menaikan produk kita agar tidak tenggelam. Tapi kita di batasi 5 produk tiap jamya. Untuk menaikan poduk bisa di lakukan menggunakan aplikasi shopee atau melalui desktop di seller.shopee.co.id
- Ikuti Program Flash Sale , tujuan dari flashsale yang utama adalah meningkatkan popularitas toko dan meningkatkan jumlah feedback. Jadi jangan berharap untuk mendapat profit besar jika mengikuti flash sale karena harga harus di tekan paling murah untuk tembus program flash sale.
- Ikuti Promo Shopee, Daftarkan produk anda untuk menjadi nominasi Promo shopee, karena promo shopee berdasar kategori. Selalu ikuti update promo dari shopee agar tidak ketinggalan.
- Aktifkan Banyak Ekspedisi, dengan mengakitfkan banyak ekspedisi memberi kebebasan customer untuk memilih sesuai kebutuhanya. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur terbaru COD Shopee
- Rutin update produk di Shopee feed, fitur baru dari shopee untuk memposting konten tentang toko anda. Bisa anda manfaatkan untuk posting produk baru , promo, kupon diskon. Bisa sangat efektif mendatangkan traffic pelanggan dari fitur feed yang ada di aplikasi shopee.
- Shopee live, buat video life produk2 terbaik anda dan bisa live dengan menunjukan kegiatan toko atau stock di gudang anda . Sangat efektif untuk meningkatkan trust pembeli dan traffic pembeli baru.
- Penolakan pesanan, usahakan jangan sering menolak pesanan karena akan mengurangi point rating toko kita di shopee. Pantau terus stock dan batas waktu pengiriman agar terhindar dari penolakan pesanan.
- Poin Pinalti, pahami dan ikuti semua aturan di shopee agar anda tidak terkena poin pinalti.
- Terlambat Merespon Chat, tidak merespon chat akan mengurangi point toko anda jadi usahakan bisa merespon semua chat yang masuk.
- Mengupload produk KW , jangan upload produk branded namun KW walaupun sudah di beri keterangan. Karena shopee menindak tegas seller yang menjual produk KW dengan menghapus produk bahkan menonaktifkan toko anda.
- Salah Kategori , hindari mengupload produk di kategori yang tidak tepat. Selain bisa terkena point pinalti , kesalahan pemilihan kategori menyebabkan produk tidak di temukan di hasil pencarian berdasarkan kategori.
Senin, 07 September 2020
Kisah Perjalanan Berjualan Di Bukalapak Hingga Saat Ini
Perkenalkan saya iyandri , tergabung
di komunitas bukalapak Yogyakarta . Di artikel kali ini say a ingin bebagi
sedikit kisah bukalapak di kehidupan saya.
Saya awal mula menggeluti jualan
online di beberapa forum dan situs iklan baris.
Dan saat itu lahirlah platform baru jualan online marketlace bukalapak. Jadi
di tahun 2011 awal mula berdirinya buaklapak saya langsung daftar dan berjualan.
Dulu hanya iseng jualan aja listing produk di bukalpak hanya sekedar upload
produk dan ternyata langsung ada yang beli . Semakin lama penjualan meningkat
terlihat seperti lancer-lancar aja ya ngga ada yg seru .
Selain berjualan saya juga
menjalankan bisnis forex di saat itu , karena lost banyak dan di tipu beberapa
broker akhirnya sya putuskan berhenti. Namun
tiba Seiring berjalanya waktu karena mulai banyak persaingan dan toko tidak
terus karena ngga focus sambal bisnis forex akhirnya mulai sepi , bahkan sampai
drop penjualan pun ngga ada. Dan lihat akun competitor lain yang akun baru buat
jumlah feedbacknya sudah banyak melebihi akun saya. Sedangkan punya saya udah 8
tahuun berjalan 1000 transaksi aja belum ada. Baru deh saya sadar tertampar
keras bahwa ada yang salah dengan diri saya . apakah itu ? yaitu saya terjebak
oleh yang namanya zona nyaman , kurang foku dan Berhenti belajar. Padahal
pekerjaan saya full hanya berjualan online ,
Akhirnya cari-cari informasi di bukalapak
dan ketemulah forum komunitas . Langsung saja dulu ikut gabung komunitas
yogyakarta yang di tante ressy dan kk. Alasan saya bergabung komunitas belajar
dari praktisi orang yang bener-bener manjalanakan bisnis berjualan online di
bukalapak. Karena saya sering aktif di grub komunitas bukalapak saya di beri
kesempatan menajdi Ranger.
Dari hasil belajar dari teman teman
komunitas dan Mengikuti webinar dari bukalapak. Toko di bukalapak saya
mulai di rombak dan saya rawat sungguh2.
Transaksi di bukalapak kembali lancar dan cukup lah buat biaya hidup
saya saat masih single. Dan dari terkumpulnya profit bisa punya bisnis baru usaha rental kamera .
Singkat cerita dari sedikit tabungan
yang di miliki saya beranikan untuk menikah. Walaupun belum punya pekerjaan
lain selain jualan online. Dan kami berdua memutuskan untuk merantau karena
istri juga masih bekerja di kota sebelah. Namnaya hidup ngga pernah berjalan
mulus ya . Setelah belum lama menikah karena banyak kamera yang hilang karena
di tipu para client yang sewa kamera . Akhirnya saya memutuskan untuk menutup
usaha rental kamera dengan kerugian yang cukup besar dan hutang ke beberpa
investor.
Dan ada lagi bencana yang menghantam
Karena saya hanya sebagai dropshiper berjualan di bukalapak, kembali lagi ya
karena kesalahan saya ngga menentukan target yang jelas dan tujuan . Karena
banyak seller yang berjualan produk yang sama maka pesaing makin banyak,
beberapa supplier bankrut dan akhirnya penjualan drop lagi bahkan pernah
beberapa hari tidak ada penjualan sama sekali . Padahal lagi banyak butuh dana
buat menghidupi anak yang masih bayi dan istri tinggal di perantauan. Pastilah
sebagai suami rasanya hancur karena ngga ada pemasukan bahkan sampai
berhari-hari . Walaupun istri bekerja tapi tetap harga diri sebagai lelaki
sudah hilang.
Jangnakan untuk ngasih uang ke orang
tua dan mertua , untuk biaya makan sehari-hari pun saya ngga sanggup saat itu. Wajarlah
akhirnya kita kadang berantem karena masalah pekerjaan saya sebagai full time
seller online. Sampai saya hamper putus asa untuk cari pekerjaan lain biar ada
pemasukan. Beruntung istri masih mau bersabar saya masih di beri kesempatan
untuk melanjutkan usaha took online saya di bukalapak. Walaupun harus malu
hidup beberapa bulan bergantung dari penghasilan istri .
Terus saya putuskan , ngga bias kalu
selamanya jadi dropshiper terus sulit untuk berkembang. Akhirnya saya beranikan untuk stock produk
sedikit demi sedikit produk yang sering laku dan yang modalin juga istri juga tambah
malu lagi nih saya cerita di sini :D .
Selain mulai sedikit demi sedikit
nambah stok Agar penjualan makin maksimal toko saya Upgrade menjadi super seller, ngga tanggung
tanggung langsung yang gold.
Walaupun agak ragu saat itu karena
masih fitur baru
Alhamdulillah , ternyata worthed
banget setelah upgrade super seller omzet makin bertambah.
Peningkatan transaksi langsun
signifikan lebih mudah closing karena toko jadi lebih terpercaya dengan
badge super seller di mata customer.
yang paling terasa produk kita dapat
pritoriats tampil di halaman depan di hasil pencarian,
Lebih banyak dapat undangan untuk
mengikuti promo resmi dari bukalapak dan bebas biaya pula.
dari beberapa pengalman
berjualn tadi saya tuangkan dalam
artikel blog dan beberapa konten youtube . Niatnya hanya untuk berbagi karena
untuk berbagi materi masih belum bisa kasih banyak maka saya berbagi dalam
bentu ilmu dan pengalaman. ternyata juga ramai sekarang sudah tembus
17.000 subscirber. Dan sering beberapa kali saya di undang
untuk memberikan pelatihan ke UKM walaupun sebenarnya belum pantas . Tapi demi
berbagi manfaat dan ilmu saya beranikan untuk jadi pembicara walaupun ngga
punya basic sama sekali menjadi trainer.
terimakasih untuk bukalapak ,
jembatan saya mencapai posisi saaat ini. Meskipun jauh di bilang sukses tapi
berkat bukalapak saya dapat berbagai pengalaman dan kehidupan yang lebih
baik.
Jadi saran saya buat temen-temen
yang berjualan online. Awas terjebak zona nyaman tetep terus upgrade skill dan
terus belajar. Semoga sedikit cerita dari saya ini bisa bermanfaat buat teman2.
Oh iya saya mengucapkan juga terimakasih buat orang tua dan isri tercinta yang
setia menampingi walaupun saat di kondisi terendah . Dan sekarang istri saya
juga punya toko sendiri ikut berjualan online di bukalapak lho walaupun sedikit
saya paksa.
Serta ucapan terimakasih untuk
komunitas bukalapak Yogyakarta yang menganugerahkan banyak pengalaman dan arti
pentingnya solidaritas yang sangat berpengaruh menjadi kan saya saat ini.
Sebetar sebelum closing saya mau teriak
jargon komunitas bukalapak Jogja
Salam JOSS GANDOS , tambah sedulure
Laris dodolne .
Artinya tambah saduara , laris
jualanya.
Salam,
Iyandri Tiluk Wahyono





