Rabu, 08 Maret 2017

Tips-tips Sukses Berjualan Secara Dropship Di Marketplace

Sebagai pelaku dropship di marketplace pasti mengalami beberapa kendala karena proses yang cukup panjang dan melibatkan beberapa pihak. Selain itu juga banyak yang menjual produk sejenis dan jatuhnya jadi perang harga. Memang persaingan sangat sengit di marketplace karena saat ini pelapaknya  juga cukup banyak. tapi tenang rejeki tak akan tertukar , kita bisa berinovasi bagaimana produk kita tetap laku walaupun pesaing kita banyak dengan memberikan nilai tambah dan menjadi beda dari yang lain. Untuk itu simak tips2 dari saya berdasarkan pengalaman pribadi menjadi dropshiper di marketplace. 


Jangan hanya Sekedar upload copy paste semua content
Jangan malas untuk mengedit judul atau merapikan deskripsi produk. kalau perlu di edit bikin agak berbeda dari yang tertulis di supplier. Dan jangan asal tulis judul maupun deskripsi , harus tetap memperhatikan SEO dengan memasukan kata kunci produk kita yang tepat. Memang butuh usaha ekstra , tapi anda akan mendapatkan hasil yang tidak sia-sia.

Batasi Stock Produk
Set stock dengan jumlah 1 atau 2 saja supaya setelah ada orderan kita bisa selalu update stock lagi , serta bisa sekalian cross check ke supplier. Kecuali anda punya informasi jumlah yang tersedia di supplier secara realtime. Kelebihannya memberikan stock terbatas bisa mempengaruhi Psikologis pembeli kesanya produk terbatas dan laku. Kecuali bagi pelaku Grosir stock harus di beri banyak.

Edit Gambar Menjadi Berbeda

Agar tampila produk kita bisa berbeda dan lebih menarik maka perlu sentuhan editing. Bisa yang simple aja dengan memberi bingkai atau memberikan watermark logo atau nama brand kita. Ada lagi cara lain dengan mengganti urutan foto produk utama kita. Dan satu lagi jangan lupa meRename nama file foto yang akan kita upload agar bisa terbaca oleh mesin pencari google. 


Tetap maksimalkan fitur yang ada di marketplace
Bila penjualan anda mulai stabil , maka anda perlu sediakan budget untuk iklan promosi atau akun berbayar premium. Karena cukup efektif juga untuk meningkatkan trust dan omzet penjualan. 

Tonjolkan brand anda
Biar brand anda makin terkenal , logo dan nama brand anda bisa di pasang di foto produk sebagai watermak. 

Membalik atau melengkapi Judul 
Kenapa hanya di judul ? karena sistem alogaritma pencarian di marketplace fokus ke kata-kata yang ada di judul. Contohnya sperti ini jika judul dari supplier " Casio EF-53 Black " bisa di ganti dengan "Jam tangan pria Murah Casio EF-53 - Warna Hitam " jadinya akan terlihat lebih menarik. 

Menjadi Yang Termurah 
Karena di marketplace ada filter untuk mengurutkan produk dari harga yang termurah . Jadi kemungkinan produk anda muncul di depan akan lebih besar. Bagi anda yang baru awal membuat akun marketplace untung sedikit tidak masalah yang penting tidak rugi dan bisa menambah feedback. Dan lakukan sesekali saja karena jika margin terlalu tipis usaha kita malah terganggu tidak bisa berkembang. 

Mamanfaatkan Fitur Diskon
Jika anda memiliki margin keuntungan yang cukup bisa dengan memberikan diskon. Dimanapun diskon cukup menggiurka para calon customer terutama di marketplace. Di beberapa marketplace juga terdapat filter produk yang sedang diskon jadi memberikan peluang produk anda bisa muncul di daftar tersebut.

Memberikan ongkos kirim gratis
Set ongkos kirim gratis ke kota yang lokasinya sama dengan Supplier dan kota terdekat sekitarnya. Karena ongkos kirim cukup murah sekitar 10rb an , jadi bisa di manfaatkan untuk memberikan layanan ongkos kirim gratis.

Sistem Bundling
Tekhnik ini berfungsi untuk bagaimana menjual lebih banyak tanpa harus memaksa customer membeli produk lain. Bisa dengan memberikan promo buy one get one atau sistem paket . Dan yang penting pastikan stock gabungan produk tersebut tersedia agar meminimalisir penolakan transaksi.

Meminimalisir Penolakan
Bagi pelaku dropship sering mengalamai kendala tidak update stock sehingga sering menolak pesanan. Untuk menanggulanginya dapat dengan memberikan alternatif varian warna lain atau produk yang hampir mirip.

Upload Produk secara konsisten
terbukti di tokopedia , produk baru tingkat engagenya lebih tinggi. Dari pengalaman saya setelah upload produk di tokopedia sering ada customer yang tanya 2 produk yg baruasan kita upload tadi. Dan memberikan kesan akun marketplace kita aktif dan selalu update.

Masuk di kategori lain yang masih berhubungan
Jika anda menjual jam tangan yang tipe unisex bisa dipakai pria atau wanita. Maka anda bisa upload produk yang sama ke dua kategori aksesoris fashion pria dan aksesoris fashion wanita.

Lakukan stock opname secara rutin
Patroli stock bisa seminggu kalo produk anda banyak bisa rutin tiap hari dengan cara mengecek per halaman produk. Berbeda kondisi kalo bisa cek langsung stock supplier secara langsung real time, anda tinggal update lagsung produk yang kosong tersebut.

Support beberapa jenis ekspedisi

Kalau bisa cari supplier yang bisa mengirimkan produk menggunakan beberapa ekspedisi. Soalnya akhir-akhir ini customer lebih cerdas dan teliti . Salah satu conoth ada yang memilih ekspedisi yang bisa menjangkau ke pedalaman seperti menggunakan POS. Dan ada juga yang memilih kurir yang baru seperti J&T atau sicepat , karena kalau di kota besar ekspedisi ini justruh lebih cepat karena belum terlalu overload seperti ekspedisi yang paling sering di gunakan yaitu JNE.

Berikan Layanan Aftersales yang Baik
Banyak para dropshiper menganggap jika ada komplain dan retur langsung kita lemparkan masalah ke Supplier. Customer di suruh hubungi customer langsung, hal ini membuat anda mendapatkan feedback negatif karena tidak mau bertanggung jawab. Penglaman dari saya karena retur produk harus menggunakan prosedur khusus maka terpaksa produk saya suruh kirim ke alamat rumah saya sendiri . Supaya bisa di cek langsung dan mudah untuk pengajuan klaim ke pihak supplier.

Jangan Upload Massal Berlebihan
Ini kasus sering terjadi yang punya tools khusus untuk upload produk massal. Kalau upload bisa 5000 produk perhari , jelas ini kelihatan oleh team dari marketplace di anggap spam. Nanti tindakan oleh admin akun toko kita di marketplace akan di bekukan. Di bukalapak pembekuan akun ( freeze ) bisa sampai 90 hari atau 3 bulan. Untuk itu upload secara wajar aja dan bertahap , bisa 20 produk perhari. 

Pasang Harga Tengah 
Misal anda menjual produk yang banyak di jual seller lain di marketplace. Kita perlu survey harga terlebih dahulu , coba cek harga termahal dan termurah. Kita tentukan pricing produk kita di tengah tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Karena harga termurah juga belum tentu di percaya customer karena takut kualitas pelayanan kurang baik.

Upload Produk Sebanyak-banyaknya
Karena dropship ngga perlu stock produk maka wajib buat kita perbanyak list produknya di marketplace sebanyak mungkin. Dan jika memungkinkan upload sekaligus ke marketplae lain , selama kita mengerti produk yang kita jual.

Fast Respon Dan Gunakan Bahasa Sopan 
Untuk marketplace yang terdapat fitur chat , pastikan anda bisa merespon dengan cepat dan bahasa yang sopan sesuai dengan target usia customer anda. Jika ada pembeli yang tanya dan anda cepat menjawabnya pasti peluang closing lebih besar. Tips lain biar respon cepat , pastikan notif di handphone anda hidup dan gunakan autotext.

1 komentar:

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...