Minggu, 24 September 2017

Tips Jurus Cepat Closing Penjualan Di Marketplace

Posting kali ini mengenai Reportase webinar bukalapak ke 26 oleh om grando pelapak jakarta mengenai cara cepat closing. Berikut saya jabarkan point-point pentingnya saja. 

Apa itu Closing ? Closing adalah proses akhir negosiasi jual beli dimana pembeli memutuskan untuk jadi membeli produka
tahapan Closing bisa di jelaskan dari konsep AIDA : attention interest desire action.



Kenapa harus Closing Cepat

  • Time is money : harus menghemat waktu agar bisa mengerjakan keperluan lain dan melayani pelanggan lainya
  • Omset dan Reputasi Meningkat
  • Pengembangan diri : untuk berkomunitas belajar menjalin realasi waktu tidak habis melayani customer.
  • Tidak kehilangan potensial buyer hanya karena proses negosiasi tertunda.
  • Meningkatkan Trust / Kepercayaan : yakin untuk membeli
  • Pesan Chat yang nyaman : cepat di balas , CS yang ramah kata terima kasih, maaf wajib di pakai. 


Cara Cepat Closing
Penguasaan Diri : sabar , paham menguasai produk
Punya strategi : pahami pembeli cara menghadapi tipe dan karakterisik pembeli
Percaya Diri : yakin produk , cara berkata dan bersikap
Selalu berpikiran Positif : jangan beranggapan semua customer yang banyak nanya biasanya ngga beli. 
Kontrol Emosi : saat menghadapi komplain jangan mudah terbawa emosi alias BAPERAN
Bahasa ramah sopan 

Pahami calon pembeli
- Cepat merespon : di marketplace telat merespon 3-5 menit pembeli bisa pindah ke tempat lain . Minimal di sapa terlebih dahulu
Tidak kaku dan fleksibel : gunakan bahasa yang akrab sesuaikan dengan umur customer. 
Jeli Melihat kebutuhan ; mampu mengetahui kebutuhan pembeli 
Fokus solisi dan manfaat : berikan solusi dan sampaikan manfaat yang akan di dapatkan

Pengetahuan Produk
  • Minimal harus Mengetahui secara umum 
  • Meminimlaisir resiko komplain
  • Antisipasi Smart Buyer yang biasanya menanyakan produk sangat detail. 
  • Fokus Kelebihan / keunggulan yang bisa perkuat kepercayaan

Konsisten dengan teknik closing
Adaptasi Variasi dan kombnasi
Latihan / jadikan kebiasaan
Evaluasi : apakah tekhnik masih efektif dan relevan

Manfaatkan Fitur / Alat Bantu
  • Instal Apps BL di Smartphone : untuk fast respon membalas pesan
  • Copywriting tepat, deskripsi lengkap tapi tidak terlalu panjang seperti membuat posting blog)
  • Foto menarik, Berjualan online foto jadi hal yang paling utama sebagai garda terdepan untuk memikat customer. 
  • Catatan pelapak informatif , Sangat berguna untuk mengurangi pertanyaan yang sering di tanyakan calon customer.
  • Template pesan / Chat bisa pergunakan auto text  untuk memepercepat respon chating. :
  • Jemput bola , konfirmasi misal transaksi menunggu. 
  • Premium akun , bisa di gunakan untuk mengetahui yang minat barang. Yang selanjutnya bisa kita follow up 
  • Gunakan fitur push dan share ke sosmed produk yang di jual untuk meningkatkan awareness brand kita. 


Gunakan Beberapa tekhnik Closing
Jawaban Ya , 
Testimoni , jangan lupa untuk minta review dan testimoni ke pembeli 
Model tanya balik misalnya " ready gan , mau di kirim hari ini ?"
Di arahkan "Stock ready , silahkan bisa di order "
tawarkan : bonus
Now or never : beli sekarang sebelum kehabisan harga naik
Cross selling bundling ( misal jual kamera coba tawarkan memory card atau tas nya sekalian )
Pujian empati joke
Banding dengan Komptetior
Tampak murah dengan memeberikan diskon 


Contoh chat yang ramah dan profesional 
B : Stock Ada ?
S : Hai , Stock Ready terbatas , siap untuk diorder, silahkan segera bertransaksi jika berminat, agar tidak kehabisan. Sangat disarankan membaca detail penjelasan produk di iklan sebelu mbembeli ya , terimakasih :)


Contoh Chat ( Kombinasi )
B : Gan , Ready ?
S : Hai gan , stock masih ready dan terbatas, kebetulan untuk transaksi hari ini kami ada promo beli 1 gratis 1. Kira2 agan mau warna merah atau hitam ?
B : OW begitu , bagusan merah atau hitam ?
S : sejauh ini penlanggan kami lebih banyak membeli warna hitam gan tapi merah juga cocok agar agan tampil beda dan berkarakter
B : oke gan , ane beli sekaran g, warna merah grasanya merah juga ya
S : Siap teriamkasih agan baik :)

B; Berapa hari sampai ?
S : halo kak bila transaksi kami rerima sebelum jam 12.00 wib dan memilikh kurir express , pake kami kirim hari ini , semoga besok sudah diterima. Kakak butuh berapa pcs ?
B : oh butuh 1 ssaja kok mahal ongkirnya ya ?
S : Betul kak , karena kurir express ada jaminan paket diterima besok harinya supaya ongkirnya tidak berasa mahal bagusnya sekalian beli charger dan casingya pasti cocok dengan hp kakak
B; Ok proses segera ya , maksih
S : Baik kak, nanti kami kabari setelah kirim ya , trimakasih :)
B; mantap , sipp.

Sesi Tanya Jawab
Bagaimana kalau ada pembeli tanya padahal sudah di jelaskan di deskripsi?
Harus sabar tetep di respon , harusnya beryukur sudah bertanya karena itu udah ada minat . Pembeli di arahkan untuk membaca ulan gdeskripsi

Bagaimana jika ada pembeli menawar melalui chat ?
bisa tawarkan kelebihan layanan dan kualitas produk . atau kasih bonus bundling.
atau jika setuju tinggal rubah saja harganya , dan di infoka ulang. Setleah tansaksi selesai harga di kembalikan ke normal .

Bagaimana Cara membuat template Chat?
pakai word, note , atau excell copy paste
pakai android dengan aplikasi Swift keyboard atau Smart Keyboard 

Kalau ada pembeli susah di hubungi , tidak memberikan keterangan yg jelas bagaimana solusinya?
bisa hubungi customer bukalapak 

Cara cepat closing untuk akun yang masih baru ?
Mengkombinasikan metode yang sudah di jelaskan tadi , deskripsi informatif fast respon.

Cara menghadapi customer yang membandingkan harga ?
Membandingkan dengan kompteritor mengenai keunggulan layanan , dan kelebihan produk .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...