Posting kali ini mengenai Reportase webinar bukalapak ke 26 oleh om grando pelapak jakarta mengenai cara cepat closing. Berikut saya jabarkan point-point pentingnya saja.
Apa itu Closing ? Closing adalah proses akhir negosiasi jual beli dimana pembeli memutuskan untuk jadi membeli produka
tahapan Closing bisa di jelaskan dari konsep AIDA : attention interest desire action.
Kenapa harus Closing Cepat
- Time is money : harus menghemat waktu agar bisa mengerjakan keperluan lain dan melayani pelanggan lainya
- Omset dan Reputasi Meningkat
- Pengembangan diri : untuk berkomunitas belajar menjalin realasi waktu tidak habis melayani customer.
- Tidak kehilangan potensial buyer hanya karena proses negosiasi tertunda.
- Meningkatkan Trust / Kepercayaan : yakin untuk membeli
- Pesan Chat yang nyaman : cepat di balas , CS yang ramah kata terima kasih, maaf wajib di pakai.
Cara Cepat Closing
Penguasaan Diri : sabar , paham menguasai produk
Punya strategi : pahami pembeli cara menghadapi tipe dan karakterisik pembeli
Percaya Diri : yakin produk , cara berkata dan bersikap
Selalu berpikiran Positif : jangan beranggapan semua customer yang banyak nanya biasanya ngga beli.
Kontrol Emosi : saat menghadapi komplain jangan mudah terbawa emosi alias BAPERAN
Bahasa ramah sopan
Pahami calon pembeli
- Cepat merespon : di marketplace telat merespon 3-5 menit pembeli bisa pindah ke tempat lain . Minimal di sapa terlebih dahulu
Tidak kaku dan fleksibel : gunakan bahasa yang akrab sesuaikan dengan umur customer.
Jeli Melihat kebutuhan ; mampu mengetahui kebutuhan pembeli
Fokus solisi dan manfaat : berikan solusi dan sampaikan manfaat yang akan di dapatkan
Pengetahuan Produk
- Minimal harus Mengetahui secara umum
- Meminimlaisir resiko komplain
- Antisipasi Smart Buyer yang biasanya menanyakan produk sangat detail.
- Fokus Kelebihan / keunggulan yang bisa perkuat kepercayaan
Konsisten dengan teknik closing
Adaptasi Variasi dan kombnasi
Latihan / jadikan kebiasaan
Evaluasi : apakah tekhnik masih efektif dan relevan
Manfaatkan Fitur / Alat Bantu
- Instal Apps BL di Smartphone : untuk fast respon membalas pesan
- Copywriting tepat, deskripsi lengkap tapi tidak terlalu panjang seperti membuat posting blog)
- Foto menarik, Berjualan online foto jadi hal yang paling utama sebagai garda terdepan untuk memikat customer.
- Catatan pelapak informatif , Sangat berguna untuk mengurangi pertanyaan yang sering di tanyakan calon customer.
- Template pesan / Chat bisa pergunakan auto text untuk memepercepat respon chating. :
- Jemput bola , konfirmasi misal transaksi menunggu.
- Premium akun , bisa di gunakan untuk mengetahui yang minat barang. Yang selanjutnya bisa kita follow up
- Gunakan fitur push dan share ke sosmed produk yang di jual untuk meningkatkan awareness brand kita.
Gunakan Beberapa tekhnik Closing
Jawaban Ya ,
Testimoni , jangan lupa untuk minta review dan testimoni ke pembeli
Model tanya balik misalnya " ready gan , mau di kirim hari ini ?"
Di arahkan "Stock ready , silahkan bisa di order "
tawarkan : bonus
Now or never : beli sekarang sebelum kehabisan harga naik
Cross selling bundling ( misal jual kamera coba tawarkan memory card atau tas nya sekalian )
Pujian empati joke
Banding dengan Komptetior
Tampak murah dengan memeberikan diskon
Contoh chat yang ramah dan profesional
B : Stock Ada ?
S : Hai , Stock Ready terbatas , siap untuk diorder, silahkan segera bertransaksi jika berminat, agar tidak kehabisan. Sangat disarankan membaca detail penjelasan produk di iklan sebelu mbembeli ya , terimakasih :)
Contoh Chat ( Kombinasi )
B : Gan , Ready ?
S : Hai gan , stock masih ready dan terbatas, kebetulan untuk transaksi hari ini kami ada promo beli 1 gratis 1. Kira2 agan mau warna merah atau hitam ?
B : OW begitu , bagusan merah atau hitam ?
S : sejauh ini penlanggan kami lebih banyak membeli warna hitam gan tapi merah juga cocok agar agan tampil beda dan berkarakter
B : oke gan , ane beli sekaran g, warna merah grasanya merah juga ya
S : Siap teriamkasih agan baik :)
B; Berapa hari sampai ?
S : halo kak bila transaksi kami rerima sebelum jam 12.00 wib dan memilikh kurir express , pake kami kirim hari ini , semoga besok sudah diterima. Kakak butuh berapa pcs ?
B : oh butuh 1 ssaja kok mahal ongkirnya ya ?
S : Betul kak , karena kurir express ada jaminan paket diterima besok harinya supaya ongkirnya tidak berasa mahal bagusnya sekalian beli charger dan casingya pasti cocok dengan hp kakak
B; Ok proses segera ya , maksih
S : Baik kak, nanti kami kabari setelah kirim ya , trimakasih :)
B; mantap , sipp.
Sesi Tanya Jawab
Bagaimana kalau ada pembeli tanya padahal sudah di jelaskan di deskripsi?
Harus sabar tetep di respon , harusnya beryukur sudah bertanya karena itu udah ada minat . Pembeli di arahkan untuk membaca ulan gdeskripsi
Bagaimana jika ada pembeli menawar melalui chat ?
bisa tawarkan kelebihan layanan dan kualitas produk . atau kasih bonus bundling.
atau jika setuju tinggal rubah saja harganya , dan di infoka ulang. Setleah tansaksi selesai harga di kembalikan ke normal .
Bagaimana Cara membuat template Chat?
pakai word, note , atau excell copy paste
pakai android dengan aplikasi Swift keyboard atau Smart Keyboard
Kalau ada pembeli susah di hubungi , tidak memberikan keterangan yg jelas bagaimana solusinya?
bisa hubungi customer bukalapak
Cara cepat closing untuk akun yang masih baru ?
Mengkombinasikan metode yang sudah di jelaskan tadi , deskripsi informatif fast respon.
Cara menghadapi customer yang membandingkan harga ?
Membandingkan dengan kompteritor mengenai keunggulan layanan , dan kelebihan produk .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar