Materi kali ini akan membahas seputar algoritma di marketplace. Sebelumnya yang belum tau algoritma itu adalah sistem pengurutan produk yang di tampilkan hasil dari pencarian produk berdasarkan relevansi. Sistem di marketplace mengurutkan hasil pencarian berdasar kategori tertentu.
Dengan anda memahami algoritma , kita dapat menganalisis kompetitor yang produknya bisa tampil di depan.
Untuk menganalisis algoritma di bukalapak pertama anda cari produk dengan memasukan kata kunci
Sebagai contoh saya akan mencari produk dengan kata kunci kacamata sepeda. Dari hasil pencarian terdiri dari 2 jenis produk dengan promoted push dan tanpa prmoted push.
Dengan data hasil pencarian tadi kita bisa ambil beberpa parameter yang bisa menyebabkan produk bisa tampil di depan.
Parameter itu antara lain :
- Super Seller
- Rating Pelapak
- Ulasan Produk
- Performa toko
- Pangkat lapak ( jumlah feed back )
Hitung semua parameter di atas dalam satu halaman , kemudian dari data yang sudah kita kumpulkan bisa di jadikan acuan bagaimana cara agar produk bisa tampil di halaman depan hasil pencarian.
Sebagai contoh saya cari dengan kata kunci "tas sepeda" dalam satu halaman hasil pencarian terdiri dari 25 produk dengan promoted push dan 25 produk murni hasil pencarian tanpa promoted push.
- 23 Produk Star Seller
- 25 Produk Seller rating di atas 95%
- 25 Produk Di jual oleh seller berpangkat Di atas juragan atau di atas 1000 feedback
Anda bisa juga menambahkan parameter lain , misal diskon , jumlah produk terjual, dll. Memang hasilnya bisa berubah ubah tapi biasanya memiliki pola yang sama. Memang kita tidak bisa meniru semua dari parameter yang ada tapi setidaknya kita bisa meniru strategi yang di gunakan para kompetitor sehingga produk bisa tampil di depan.
Itulah tadi tips sederhana bagaimana membaca algoritma di marketplace bukalapak. Jika masih bingung bisa simak versi videonya disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar