Sabtu, 05 September 2020

Tips Berjualan Produk lokal Di Marketplace

Sering kita lihat produk di marketpalce yang laris sebagian besar di dominiasi oleh produk impor. Karena harga murah dan komplit beragam produk ada untuk produk impor. Tapi sebenernya banyak produk sekitar kita yang potensial di jual online bahkan di pasarkan sampai ke luar negri. 

Dengan menjual produk lokal turut berperan serta aktif Membantu ukm lokal pemberdayaan masyarakat. Selain itu kita juga dapat dukungan dari pemerintah sebagai program UMKM. Ciri khasnya Produk lokal itu lebih unik sehingga minim pesaing, profit bisa ambil lebih tebal dari pada anda berjualan produk impor yang sudah banyak orang yang jual. Selain itu marketplace juga sering memberikan slot promo khusus untuk produk lokal. Jadi lebih banyak peluang untuk produk lokal meningkat eksposure nya di marketplace. 


Apa saja produk lokal yang berpotensi untuk di jual secara online ?
  • Snack dan makanan, bisa berupa oleh-oleh atau makanan khas daerah. Tapi pilih makanan jenis kering yang tahan lama dan bisa di kirim.
  • Kerajinan setiap daerah pasti memiliki kerajinan unik khusus d buat d daerah tersebut.
  • Produk fashion seperti baju dan sepatu, di tiap daerah punya produk khusus seperti batik yang di punyai beberapa daerah seperti yogyakarta pekalongan solo.  Kain songket 
  • Tas
  • Souvenir

Tips untuk anda yang ingin memulai berjualan produk lokal agar bisa bersaing.
Manfaatkan. Fitur promo yang di sediakan oleh marketplace , baik gratis maupun yang berbayar.
Aktifkan banyak jasa kurir
Ciptakan brand atau rebrand , yang di lakukan pelapak asal jogja. mengambil produk lokal dari masyarakat sekitar dengan mengganti merk dan di repacking alias di ganti kemasan yang lebih menarik.
Lanjut mengenai brand anak muda sekarang lagi berkembang trend terutama untuk produk fashion yang namanya local pride , yaitu gerakan untuk bangga menggunakan produk brand lokal. Sehingga banyak bermunculan gerakan tagar #localpride di sosmed dan banyak yang mengulas mengenai produk lokal di Youtube. Kebanggan di sini bukan soal seberapa mahal produk yang di pakai tapi lebih ke kebanggakan kalau produk itu lokal asli buatan anak negri. 

Bekraf indonesia, badan ekonomi kreatif jadi wadah para UMKM pelaku usaha produk lokal untuk membantu dalam hal pelatihan . 

Namun berjualan produk lokal itu memiliki tantangan khusus. Yaitu produk lokal di anggap produk murahan kualitas rendah. Lemahnya kebanggan masyarakat Indonesia mengenai cinta dan komsumsi produk lokal. Dan terkadang memilih produk lokal klo udh terpaksa aja ngga ada pilihan

Untuk itu Tanamkan kebanggaan produk sendiri kepada customer. Dengan menghadirkan produk yang  berkualitas dan supplier ynag mudah di ajak kerjasama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...