Rabu, 24 Agustus 2022

Tahapan Membangun Team Buat Kamu Seller Di Marketpalce


Seiring meningkatnya jumlah orderan pasti sebagai owner toko online yang di kerjakan sendiri akan mengalami kewalahan. Untuk itu sudah harus saatnya menambah team untuk membantu operasional bisnis kita . Berikut tahapan untuk membangun team buat yang berjualan di marketplace. 


Pertama untuk di awal kalian tidak harus langsung lengkap untuk teamnya , di awal kalian hanya butuh admin yang membantu membalas chat dan  proses orderan yang masuk dari customer. apabila masih bisa terhandle untuk admin memproses pesanan bisa sekaligus jadi team packing. 

Baru setelah orderan mulai meningkat pisahkan tugas admin yang merangkap jadi packing. Untuk team packing ini juga ngga harus full , bisa memanfaatkan tenaga freelance karena tidak butuh skill atau keahlian khusus. Jadi saat promo atau lonjakan meningkat di saat promo akbar atau tanggal cantik bisa menambah tenaga freelance yang bisa di bayar secara harian. yang terpenting nanti di training nanti saat di awal rekrutment tentang standar packing di toko kalian. 

Selanjutnya dari segi operasional toko berlanjut ke bagian keuangan . 
saran saya buat yang ngga begitu paham mengenai pencatatan keuangan wajib rekrut orang accounting. Jadi nanti dari segi laporan dan rekap keuangan bisa beres tanpa anda harus pusing mikirin soal keuangan. Ngga ada cerita lagi , toko rame kuq duitnya kagak ada :D. 

Masuk ke tahapan selanjutnya karena kita ngga bisa menggantungkan jualan hanya mengandalkan dari marketplace . Perlu juga optimasi penjualan melalui social media , apalagi sekarang udh gencar banget nih di sosmed seperti tiktok yang lagi booming banget. Untuk itu kalian butuh orang yang menghandle sosmed atau sering di sebut team konten. Tugasnya buat konten untuk mendukung promosi produk yang kalian jual. Usahakan juga cari talent yang g cuma bikin posting konten tapi juga bisa live. Karena tuntutan trend sekarang kebiasaan customer untuk berbelanja udah banyak beralih ke social selling. jadi banyak yang belanja itu karena melihat konten di social media , mulai dari postingan content nya atau dari live. 

Penting juga untuk ownern harus paham dulu yaitu soal ngiklan berbayar , kalian perlu team khusus advertiser. Kerjaanya bikin setting iklan berbayar baik itu di marketplace atua platform lain misal fb ads, ig ads, atau tiktok ads. 

Terkahir kita butuh orang yang bisa di percaya untuk bertugas menggantikan kita mengatur operasional toko dan team. Atau sering di sebut manajer , jadi walaupun tanpa kehadiran kita atau ada problem kita ngga harus turun tangan langsung mengatasi bisa di gantikan soleh peran manajer. 

Silahkan jangan lupa subscribe Channel saya di : Iyandri tiluk wahyono & Iyandri Channel Instagram : @iyandris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...