Kamis, 09 Februari 2017

Cara Cepat Mendapatkan Penjualan Pertama Di Marketplace Bukalapak , tokopedia , atau di Shopee

Halo kali ini saya sharing beberapa hal tips dan Cara Cepat Mendapatkan Penjualan Pertama ( pecah telor ) Di Marketplace Bukalapak , tokopedia , atau di Shopee.
Bagi anda yang memiliki akun baru di marketplace pasti agak kesulitan untuk memperoleh penjualan pertama. Ya hal itu wajar karena reputasi kita belum ada sama sekali ,sehingga menimbulkan keraguan bagi calon pembeli . Meskipun sebenarnya semua sudah tahu kalau berbelanja online di marketplace itu aman karena sudah ada sistem rekening bersama atau escrow. Namun jika customer ingin membeli suatu produk tetapi ada penjual lain yang memiliki produk yang sama tapi sudah memiliki reputasi penjualan pasti cenderung memilih seller yang sudah memiliki reputasi. 
Untuk itu simak tips-tips berikut agar kita segera keluar dari masalah tersebut. 


  • Jual Produk Yang Murah

Mengapa prouduk yang murah ? karena potensi produk terjualnya lebih tinggi . Jadi pilih produk yang harganya di bawah 100rb, pasti di harga segitu banyak customer yang daya belinya mampu di angka tersebut. Kalau jual gadget dengan harga di atas 1 jutaan sedangkan toko kita belum ada reptuasi pasti banyak keraguan kalau mau beli di toko kita. Karena banyak juga akun-akun penipuan yang menggunakan marketplace untuk melancarkan aksinya dengan cara jual produk yang mahal dengan harga yang tidak wajar.


  • Lengkapi semua Deskripsi Toko

Setelah upload produk banyak di antara seller baru melakukan kesalahan hal ini. tidak segera melengkapi data toko Seperti mengisi profile picture ,deskripsi toko ,ataupun catatan toko. Jadi biar kita terlihat "NIAT" dalam berjualan maka semua hal itu harus sudah di selesaikan.


  • Tidak Harus Menjual Produk Sendiri

Untuk awal tidak masalah toko marketplace kita jualnya macam-macam produk atau istilahnya PALUGADA ( apa elu mau gua ada ). Memang terkesan tidak profesional tapi Ingat tujuan awal kita membangun reputasi terlebih dahulu dengan memperoleh beberapa feedback penjualan.


  • Jadi Makelar Dadakan

Pas kebetulan ada temen mau jual produk nya coba langsung tawarkan untuk membantu menjualkan di marketplace anda . Jadi kita tidak harus fokus terpaku dengan produk sendiri yang ingin kita jual. Dan nanti juga kita bisa menghapus produk tersebut jika tidak ingin lanjut menjualnya.


  • Jual produk Bekas atau Second

Cara ini terbukti ampuh untuk mendapat penjualan pertama, produk bekas yang cukup di minati misalnya handphone atau kamera. Jadi jika anda punya perangkat gadget yang ingin di jual coba aja pasang listing di toko marketplace anda.


  • Tawarkan Link jualan anda ke Social Media

Jelas ya semua hal ini pasti karena kepercayaan , dengan share di social media anda pasti bisa menawarkan langsung ke orang yang anda kenal alias teman anda sendiri. Jadi mereka pasti tidak ragu untuk bertransaksi dengan anda melalui toko marketplace.


  • Arahkan Customer lama untuk menggunakan Marketplace

Misal anda punya customer langganan yang biasa berbelanja dengan metode konvensional misal seperti tranfer langsung ke rekening . Coba tawarkan bertransaksi menggunakan marketplace , dan berikan tawaran diskon atau bonus agar lebih menarik. karena biasanya mereka mengeluh tidak mau ribet bertransaksi menggunakan marketplace.


  • Gunakan Fitur Premium Akun
Manfaatkan fitur premium akun atau layanan akun berbayar agar calon customer lebih percaya dan yakin untuk berbelanja. Dengan premium akun kita akan mendapat logo atau badge khsusu pada akun marketplace kita . Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan para calon pembeli.

Sekian tips dan trick cara mendapatkan penjualan pertama di marketplace dengan cepat dan tepat . Semoga bermanfaat .

2 komentar:

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...