Selasa, 05 Desember 2017

Tips Menulis Catatan Pelapak di Bukalapak yang Baik

Di Bukalapak terdapat fitur bernama Catatan Pelapak, fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi pengumuman tambahan ke pembeli mengenai lapak kita. Catatan pelapak terletak pada bagian bawah deskripsi halaman produk.  Jadi dengan catatan ini kita tidak perlu menuliskan satu per satu di deskripsi produk kita. Buat yang masih bingung untuk memaksimalkan catatan pelapak dan apa saja yang perlu kita tulis di catatan pelapak. 
Berikut 10 hal penting yang bisa kita tuliskan di catatan pelapak :
  • Promo atau Diskon, kadang pembeli tidak tahu jika bukalapak sedang mengadakan promo diskon. Untuk itu agar pembeli lebih puas lagi bisa kita tawarkan promo diskon ini. Kita tinggal tuliskan kode Voucher Promo di catatan pelapak. Terutama jika ada promo free ongkir jangan sampai lupa di cantumkan karena sangat menarik bagi customer. Tapi kita harus sering update info jika promo sudah berakhir dan harus segera di ganti.  
  • Batas Waktu Pengiriman, tiap seller pasti punya jam cut off kapan batas order di proses . Jadi pembeli akan tau dan bisa memprediksi kapan barang akan sampai terutama yang keburu-buru barang mau di pakai. Untuk batas order sebenarnya sudah ada di  bawah profil tapi akan lebih baik jika di cantumkan di catatan pelapak juga. Dan cantumkan juga jadwal waktu input resi sehingga mengurangi pertanyaan pembeli yang menagih nomor resi.
  • Jam Operasional, degan memberikan info jam operasional toko kita ke pembeli jadi tahu jika chat tidak di respon karena sudah di luar jam operasional. 
  • Stock produk, jika punya stock terbatas atau memiliki varian yang cukup banyak bisa di informasikan ke pembeli untuk menanyakan stock terlebih dahulu. Jadi bisa meminimalisir penolakan pesana karena kehabisan stock. 
  • Perihal Komplain, kadang perlu juga kita menuliskan prosedur untuk proses komplain. Agar pembeli lebih terarah dan tidak kebingungan jika ingin mengajukan komplain. Hal ini juga menjadi nilai tambah toko anda karena layanan after sales yang baik.
  • Proses Retur, prosedur cara retur barang jika customer komplain ingin mengirim kembali produk yang di beli karena ada kerusakan atau kesalahan pengiriman. Dan jelaskan jika kerusakan karena kesalahan penggunaan atau ukuran tidak bisa di retur.
  • Garansi , hal ini sering jadi pertimbangan para calon pembeli mengenai garansi yang di berikan seller terutama untuk seller produk elektronik. Sampaikan dengan jelas garansi yang anda berikan dan persyaratanya. Misal informasikan syarat garansi jika kesalahan penggunaan maka garansi tidak berlaku. 
  • Varian Produk, beri petunjuk para pembeli untuk tidak lupa mencantumkan keterangan warna atau ukuran saat order. Soalnya di bukalapak fitur varian sudah tidak ada sehingga kadang pembeli lupa menuliskan varian untuk prouduk yang di pesananya. 
    • Contohnya, Mohon cantumkan warna yang diinginkan di “catatan pelapak” pada saat order bukan di pesan inbox. Apabila pembeli hanya meninggalkan catatan di inbox dan bukan di catatan pelapak, maka kami anggap pembeli tidak meninggalkan pesan. Apabila pembeli tidak mencantumkan warna yang diinginkan, maka kami akan mengirimkan warna random (sesuai dengan stock yang ada).
  • FAQ Frequently Ask Question.  atau dalam istilah umumnya  Hal yang sering di tanyakan. Jika sering mendapat pertanyaan yang sama dari customer tuliskan saja daftar pertanyaan dan jawaban di catatan pelapak. Sehingga bisa mengurangi pekerjaan customer service untuk merspon chat pertanyaan dari pelanggan. Contohnya , 
    • Produk original atau tidak ? Produk yang kami jual semua 100% original
    • Stock masih ready ? Selama produk masih tampil stock masih tersedia 
  • Konfirmasi penerimaan dan review, Hal ini bersifat himbauan kepada customer untuk segera melakukan konfirmasi penerimaan jika paket pesanan sudah di terima. Supaya dana segera di di terima tidak menunggu konfirmasi otomatis yang butuh waktu 2 hari. Serta ingatkan pembeli untuk memberikan rating atau review produk yang sudah di beli. 
Untuk setting catatan pelapak caranya Klik Pengaturan > Lapak > Klik edit pada catatan pelapak.
Tapi perlu di perhatikan , aturan di bukalapak untuk catatan pelapak kita tetap tidak boleh menampilkan contact. Dari semua point di atas tidak harus semua di cantumkan sesuaikan dengan kebutuhan toko kita saja. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...