Kamis, 22 Februari 2018

Tips Upload Produk Agar Laris Di Marketplace

Upload produk adalah bagian yang paling mendasar apabila kita ingin produk kita berada di posisi tertinggi di halaman pencarian.

Bagian-bagian penting yang terkait dengan proses tersebut adalah :
1. Judul Produk
2. Kategori Produk
3. Foto Produk
4. Deskripsi
5. Penetapan Harga Produk

1. Judul Produk
Untuk proses ini dan keseluruhan tahapan upload produk, mari tempatkan posisi kita sebagai buyer. Apabila kita ingin membeli sebuah produk, tenu kita akan mengetik nama atau jenis tersebut di kolom pencarian kan?
Karena itu “Buatlah judul produk yang mengandung kata kunci tertarget.” Hal ini sangat penting agar mesin pencari bisa mengenal dengan baik keywords yang anda targetkan, sehingga posting anda akan mendapatkan posisi prioritas di hasil pencarian.

Jadi sebelum kita menentukan judul apa yang pas untuk produk dan target market kita, sebaiknya kita melakukan riset keywords dulu, diantaranya :
Mengacu pada sugesstion keywords google
Mengacu pada sugesstion keywords di pecarian Marketplace
Menggunakan google keywords planner, google trends dll.

2. Kategori Produk
Penempatan kategori produk haruslah tepat.  Kesalahan penempatan kategori, selain melanggar aturan di marketplace, juga akan mengakibatkan produk kita sulit ditemukan oleh calon pembeli. Bila bisa masuk pada dua atau lebih kategori, gunakan kategori produk yang paling relevan dengan target pasar yang dibidik.

3. Foto Produk
Foto produk adalah salah satu faktor yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya Anda menjual produk Anda. Foto produk yang baik selain harus menggambarkan suatu produk dengan jelas, juga harus fungsional. Apalagi jika Anda berjualan menggunakan media online, dimana pembeli tidak bisa melihat produk Anda secara langsung. Disinilah foto produk yang baik dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

4. Deskripsi Produk
Selain Judul dan Foto Produk, Deskripsi Produk juga memegang peranan penting atas keputusan konsumen untuk membeli produk secara online. Banyak hal yang tidak dapat dijelaskan hanya melalui judul dan foto. 

Pada bagian Deskripsi inilah media untuk menyampaikan informasi yang lengkap tentang produk Anda. Sehingga tidak ada ruang bagi buyer untuk komplain dan bertanya karena semua sudah jelas disebutkan disini.

 5. Penetapan Harga Produk
Pada dasarnya kita sendiri lah yang paling tahu berapa harga yang pantas atau persentase margin yang ingin kita dapat, baik itu berdasarkan biaya produksi, mempertimbangkan kompetitor dan lainnya.
Saran yang selalu saya ingat dan pegang kita jangan ikut terjebak bermain perang harga. Kita ciptakan target market sendiri, kita buat kolam kita sendiri. Biarkan yang lain mau untung sedikit, tapi kita tetap bisa menjual banyak secara quantity dengan besaran laba sesuai yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...