Kamis, 18 Oktober 2018

Pentingnya Mengolah Database Customer Di Marketplace

Sebagian besar tujuan utama kita membuka toko di marketplace memperluas pasar meningkatkan penjualan dan omzet. Tapi ada yang lebih penting selain kita dapat penjualan, yaitu mengumpulkan Data customer. Banyak para seller tidak melakukan hal ini , sebagian beralasan repot dan buang waktu. Memang hasilnya tidak langsung butuh perjuangan di awal tapi dengan kita memiliki database kita bisa tetap menjalin hubungan dengan customer yang sudah susah payah kita dapatkan dengan mengeluarkan budget iklan yang tidak sedikit.  Dapat di istilahkan sebagai membangun kolam ikan dimana nanti kita bisa mudah mendapatkan hasilnya. Dan perlu di ingat "menjual ke customer yang pernah beli produk kita lebih mudah daripada menjual ke customer yang baru."
 Untuk itu perlu kita kelola data customer yang ada di marketplace salah satunya dengan membackup contact customer.

Mengapa perlu membackup database?
Karena kita tidak tahu keberlangsungan marketplace, bisa saja langsung tutup , akun kita terbajak atau data transaksi kita di batasi terus di hapus. 
Dan ini merupakan bukan sembarangan contact , bagi anda yang menjual satu jenis kategori produk maka ini merupakan data customer yang potensial karena tertarget  sudah jelas sudah pernah membeli produk kita.

Pihak marketplace juga sudah memberikan fitur untuk download daftar transaksi. Tapi Walaupun data penjualan bisa di download tidak disertakan dengan nomor handphone. Memang sengaja tidak bisa download data alamat dan nomor telepon agar tidak di salah gunakan.

Bagaimana cara efektif untuk menyimpan contact customer dari marketplace ?
Cara yang paling efektif adalah dengan membackup data customer ke google contact
memang harus sedikit repot karena manual di buka pertransaksi dan di input satu persatu. Suatu saat di butuhkan bisa di contact kembali, menjalin hubungan personal ke customer. Dengan penyimpanan di google contact  Akan terdeteksi contact Whatsapp atau  telegram.


Untuk memudahkan identifikasi juga perlu Di buat label dan identifikasi khusus misal nama customer bukalapak bernama Budi kita buat di contact BL Budi .

Setelah data contact terkumpul tinggal Blast dengan Whatsapp kita sarankan untuk save contact dan kita hanya perlu sering update status produk jualan kita. Saya sarankan jangan terlalu sering blast whatsapp karena bisa di suspend oleh pihat whatsapp jika ada yang merasa terganggu dan melaporkanya.

Sebagai penutup cara di atas tidak melanggar aturan di marketplace karena data pelanggan juga hak milik seller. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...