Selasa, 20 November 2018

Tips memenangkan persaingan dagang di Marketplace

Tidak bisa di pungkiri persaingan sesama seller di marketplae sangat ketat. Apalagi kita yang hanya reseller dimana banyak yang jualan barang sejenis. Pasti bikin nyeseg banyak mengeluh karena perang harga di mana yang paling murah biasanya yang paling ramai. Tapi kalau kita ikut-ikutan perang harga juga sangat berbahaya dengan kelangsungan bisnis kita.  Untuk itu simak beberapa tips mudah yang bisa kita terapkan biar bisa bersaing lebih unggul di bandingkan kompetitor 

Kuncinya adalah Meningkatkan Nilai Tambah dan Tampil Beda, bisa dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang kita berikan. Kalau di sini kita bisa denga memberikan bonus sistem bundiling atau diskon.

Selalu riset kompetitor
Buat list Kelebihan dan kekurangan kompetitor serta amati setiap pergeraakanya. Misal promo apa yang di berikan, cara menuliskan judul maupun deskprisi produk. 
- cari kelemahan ( kuliats produk, after sales, tehnik marketing , kualitas foto)
jika tidak memungkinkan untuk bersaing cari target pasar lain
Contohnya : misal pesaing kita bisa memberikan gratis ongkir untuk jabotabek

Percantik Foto Produk :
Dengan foto yang lebih profesional maka akan sangat menarik bagi pembeli . walaupun simple seperti mengganti background menjadi putih ,foto lengkap dari berbagai sudut atau Bisa dengan menambahkan bingkai . Maka produk akan lebih terkesan wah dan profesional.

Cari judul yang beda
Misal anda seorang dropshiper atau reseller banyak yang menjual produk sejenis maka anda harus membutuhkan sedikit krearifitas untuk membuat judul yang berbeda. Tapi tidak jauh dengan judul produk yg sebenarnya. Agar produk kita tidak bercampur dengan kompetor lain yang harganya hancur hancuran di hasil pencarian.

Gunakan fitur berbayar
Memang agak memberatkan terutama bagi para pemula , yang sebelumnya masih enjoy pakai layanan dari marketplace secara gratisan. Tapi seiring jalanya waktu , kompetitor kita sudah mulai lebih maju kedepan meng scale up bisnis nya sehingga bisa berkembang lebih cepat. Salah satunya dengan memakai fitur berbayar , memang efeknya di rasa cukup efektif dan cepat karena mendapatkan prioritas khusus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...