Jumat, 23 November 2018

Tips memaksimalkan Foto Produk untuk toko online dan marketplace

Apa saja yang harus diperhatikan saat pengambilan foto produk.

Focus
Saat pengambilan gambar usahakan kamera dalam kondisi stabil caranya dengan menggunakan Tripod. Agar hasil foto yang di dapatkan tajam dan fokus.

Pencahayaan
Hal terpenting dalam foto produk , gambar harus benar-benar jelas terang. Jangan sampai hasil gelap karena akan mengurangi detail warna produk dan misal di edit tingkat kecerahanya hasilnya juga akan kurang maksimal. Sumber pencahayaan bisa cukup menggunakan sinar matahari atau lampu untuk yg pemotretan dengan studio. 

Pemilihan Background
Untuk keperluan editing misal ingin membuat background polos putih. Maka pemilihan background yang polos wajib di pakai. Background juga berfungsi sebagai ciri khas lapak kita misal menggunakan background dengan motif kayu.



Berbagai Sudut
Ambil foto produk dari berbagai sudut depan belakang samping dan kalau perlu bagian dalam juga di tampilkan misal produk kita tas. Semakin banyak foto dari perspektif berbeda maka akan semakin mantab customer untuk membeli. Tapi usahakan maksimal 5 foto yang bisa kita gunakan.



Gunakan Model
Untuk produk fashion seperti baju penggunaan model sangat berdampak luar biasa terhadap tingkat . Karena memang sangat menarik dan konsumen mendapatkan gambaran lebih detail dan jelas terhadap produk. Tips agar tidak terlalu mahal membayar model bisa pakai jasa endorse yang banyak kita dapat di instagram.

untuk hal ini hanya opsional bisa di gunakan atau tidak . Penggunaan studio ini juga berfungsi untuk memaksimalkan pencahaayan agar merata dan tidak ada bayangan supaya hasil foto lebih profesional. Untuk yang berjualan produk ukuran kecil kini sudah banyak studio mini yang bisa di lipat portabel harganya relatif murah hanya 50rb untuk yg kecil dan yg besar sekitar 150rb an kalian bisa Cek disini

Perangkat Kamera 

Untuk kamera juga tidak harus yang mahal , yang penting kita bisa memaksimalkan fitur yang ada di kamera. jadi gunakan resolusi yang tinggi , fitur delighting yg bisa mengurangi efek backlight. Saat pengambilan gambar gunakan tripod baik untuk kamera atau smartphone. Tujuanya agar menghindari gambar blur karena getaran saat pengambilan foto. 

Resolusi Foto
Untuk resolusi harus usahakan gunakan minimal 700 pixel karena ada marketplace yg harus mensyaratkan ukuran itu.  dan untuk ukuran fotonya harus benar-benar kotak ukuran 1:1 agar foto tidak terpotong setelah di upload.

Editing
Ini merupakan proses terkahri sebelum foto produk kita upload . yang sangat di perhatikan adalah jangan sampai edit berlebihan apalagi soal warna , jangan gunakan filter yang bisa menghasilkan foto yang berbeda dari produk asli. Beberapa hal yang perlu di edit misal merubah kecerahan atau menambahkan bingkai untuk mempercantik. 

Penggunaan watermark 
Tujuan penggunaan watermark agar foto produk kita tidak di curi oleh orang lain. Serta penting juga untuk menegaskan brand kita. Jadi dari gambar kita sekaligus untuk branding. 

Oke itu tadi beberapa tips seputar foto produk agar hasilnya maksimal walaupun dengan perangkat yang seadanya. 

Rekomendasi Toko Perlengkapan Studio Foto >> MIDEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...