Minggu, 24 Februari 2019

Dengan Affiliate Marketing Tokopedia, Jaringan Pemasaran Makin Luas

Tokopedia menluncurkan fitur promosi baru bernama affiliate marketing. Apa itu affiliate marketing ? Affiliate Marketing adalah fitur promosi tokopedia yang memungkinkan Anda untuk melakukan promosi tanpa mengeluarkan biaya iklan di awal. Dengan fitur iklan Affiliate Marketing, produk Anda akan dipasarkan oleh para Affiliater di berbagai platform diluar tokopedia seperti media sosial, forum, dan website untuk menjangkau ribuan calon pembeli.

Perbedaan top ads dengan affiliate marketing 

Untuk Top ads kita terlebih dahulu top up ke saldo top ads kita , setiap terjadi klik produk maka akan langsung memotong dari dana top up. Sedangkan untuk affiliate marketing jika terjadi penjualan produk yang melalui Affiliate, saat transaksi selesai hasil penjualan kita akan langsung di potong komisi. Besaran komisi affiliater yang bisa di berikan 1% - 100% dan bisa kita tentukan sendiri untuk jumlah komisinya. Jadi jika kita jual produk dengan harga 100.000 , komisi untuk affiliate 10% maka dana penjualan yang akan kita terima sebesar 90.000.

Siapa saja yang bisa jadi affiliater

Semua user yang memiliki akun terdaftar di tokopedia bisa menjadi affiliater. Dengan menggunakan fitur ByMe , fitur ini bisa di temukan di halaman depan aplikasi tokopedia. Di halaman ByMe Affiliate terdapat daftar produk yang sudah di aktifkan fitur affiliate nya. 

Cara Mengaktifkan Iklan Produk di Tokopedia Affiliate Marketing

1. Seperti biasa kita login terlebih dahulu ke tokopedia, untuk sementara fitur tokopedia affiliate marketing hanya bisa di akses melalui desktop . 
2. Pilih Iklan pada Side bar atau Menu toko 
3. Klik Icon Box Kemudian pilih tab Affiliate Marketing


4. Klik Icon Tambah Affiliate










5. Pilih produk yang ingin di iklankan dengan memberi tanda tick mark


6. Scroll ke bawah kemudian isi kolom jumlah komisi yang akan di berikan, selanjutnya klik Simpan
Maka produk anda akan aktif dan masuk ke daftar Affiliate Marketing

Cara kerja para affiliater memasarkan produk 

Para affiliater akan memilih produk yang terdapat di daftar fitur BY ME . Kemudian untuk memilih produk yang ingin di pasarkan maka akan di klik Kurasi produk . Untuk produk yang sudah di kurasi maka akan masuk di halaman khusus affiliater dan nanti akan ada link khusus ke halaman atau produk yang sudah di kurasi untuk perhitungan komisi jika nanti terjadi penjualan. Untuk pemasaranya tinggal klik menu share bisa di kirim ke aplikasi chat , sosmed , forum, atau ke website. 

Kelebihan Beriklan Menggunakan Tokopedia Affiliate marketing

- Jangkauan promosi produk lebih luas, dengan mengiklankan prodk di affiliate marketing maka prdouk kita akan tersebar di berbagai media di luar platform tokopedia. 
- tidak harus bayar di awal ( dipotong setelah ada transaksi )
- Tetap dapat keuntungan menambah jumlah view produk jika tidak terjadi penjualan

Menentukan komisi yang tepat :

- Cek pasar, apakah harga kita terlalu murah atau masih wajar , jika terlalu murah kita bisa naikan terlebih dahulu sehingga bisa memberikan komisi yang lebih besar di banding kompetior. 
- cek kompetitor, Cari produk yang sama dengan kita di halaman by me. Di sana kita bisa lihat komisi yang di berikan oleh para kompetitor kita. 
- Sesuaikan dengan Margin, jika produk anda memiliki margin ke untungan yang tinggi maka berikan komisi yang besar sehingga pasti banyak yang akan mengkurasi produk anda. 


Agar produknya menarik affiliater

- Berikan komisi besar, dengan komisi yang besar maka peluang produk anda di ambil oleh affiliater makin tinggi . 
- Materi iklan,  pastikan upload foto produk yang menarik, penamaan judul produk yang singkat agar mudah di temukan , berikan deskripsi yang jelas dan lengkap,

Penjelasan lengkap versi videonya bisa lihat di sini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...