Kamis, 21 Februari 2019

Upload ribuan produk ke marketplace, di jamin banyak orderan ?

Sering kagum jika lihat seller marketplace dengan jumlah produk ribuan bahkan puluhan ribu produk. Dan pasti timbul pertanyaan , makin banyak upload produk apakah penjualan juga makin banyak?
Tidak heran untuk saat ini dalam semalam pun kita bisa upload ribuan produk. Karena sekarang bermuculan softwere upload otomatis atau sering di sebut scraper , produk yang bisa ambil data  produk dari toko marketplace dan bisa dalam sekejap di upload ke toko kita sendiri atau di marketplace lain.

Memang menggiurkan karena kita sangat di mudahkan dalam hal upload produk dimana kalo kita upload secara manual, mungkin butuh waktu berbulan-bulan. Tapi semua yang instan pasti ada resikonya , mulai dari produk di hapus oleh admin marketplace atau bahkan lebih mengerikan akun di bekukan atau di hapus karena di anggap spam.

Dengan mengupload ribuan produk ada beberapa konsekuensi
  • Tingginya biaya iklan , dengan jumlah produk yang banyak otomatis kita mengeluarkan biaya iklan yang cukup banyak untuk tiap produknya.
  • Stock update , bagi dropshiper untuk cek stock pasti juga akan kesulitan karena memakan waktu yang banyak. Jika terlambat dalam update stock maka menybabkan tingginya tingkat pembatalan transaksi
  • Pengetahuan mengenai produk sangat rendah, Dengan banyaknya produk dengan berbagai jenis barang pasti akan kesulitan menguasai pengetahuan mengenai produk secara mendalam. Tidak fokus , kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari customer.

Seperti dari seller yang sudah sukses menjual produk ribuan di tokonya, semua butuh proses upload secara manual bahkan untuk 1 produk bisa memakan waktu 1-2 jam. Karena harus melakukan riset dulu dari judul serta penulisan deskrpisi yang menarik.
Dan banyak seller yang berjualan spesifik satu produk aja bisa sangat banyak transaksinya.

Optimasi harus di lakukan terutama untuk promo berbayar. Serta judul ,deskrpisi dan foto produk juga penting untuk di perhatikan. 
Lebih pentingkan kualitas daripada kuantitas , jadi lebih baik punya produk sedikit tapi rutin di promo sehingga penjualanya banyak.

Intinya tidak menjamin, jika ada produk yang laku tanpa di Optimasi itu cma bonus istilahnya.
ibarat kita berjualan di tengah hutan tanpa iklan produk kita juga tidak ada yang melihat. Dan jika sekedar upload sistim alogaritma marketplace juga bisa membedakan produk yang hanya spam.

Untuk melihat ulasan videonya bisa lihat di sini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...