Jumat, 01 Februari 2019

Pentingnya Rating dan Review dari Customer di Marketplace

Mengapa rating itu penting? Karena untuk berjualan di marketplace saat ini Rating is everything. Manfaat memiliki produk dengan rating review yang bagus, produk kita akan
diburu oleh banyak calon customer. Selain itu secara sistem alogaritma dari hasil pencarian berdasarkan relevansi untuk produk yang memiliki banyak ulasan dengan bintang tinggi akan lebih di prioritaskan tampil di depan . Dan di sistem bukalapak juga sudah ada sistem sorting berdasarkan nilai ulasan. Jadi jika calon pembeli menggunakan fitur filter ini, maka yang akan muncul adalah produk dengan review sesuai dengan jumlah bintangnya.

Pada marketplace bukalapak terdapat dua jenis review yaitu adanya ulasan , dan dengan pemberian poin bintang 1 hingga 5.

Tapi karena pemberian rating bersifat opsional maka kita harus follow up Pembeli setelah transaksi selesai. Jadi akan banyak pembeli yang cuek setelah menerima paket. Dan secara sistem jika transaksi selesai dan pembeli tidak melakukan konfirmasi, maka sistem bukalapak yang akan memberikan rating secara otomatis. 


Apabila sudah di follow up Pembeli tidak juga merespon pancing dengan memberikan reward. 
Tapi jangan dengan memaksa seperti contohnya "jika tidak memberikan review positif garansi hangus.
cara paling efektif bisa hubungi customer melalui fitur chat. Jika customer tidak tau cara memberikan rating maka kita harus sabar menjelaskan step by step nya. Beri pengumuman di banner atau catatan pelapak sehingga Pembeli tau untuk memberikan rating setelah selesai transaksi. 

Jurus lain bisa beri penawaran yang bisa di berikan ke customer antara lain :
- Memberikan give away seperti souvenir yang harganya tidak terlalu mahal.
- Dapat juga pulsa sehingga tidak memerlukan ongkir. 
- Tawarkan Voucher jika mau memberikan ulasan
- atau jika untung minim kita bisa kasih sesuatu yang gratis memberikan pesan di selipkan pada paketan doa

Setelah memiliki produk yang ratingnya bagus. Bisa dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan lapak,  produk yang rating baik bisa kita push agar tampil di deretan awal. Sehingga Pembeli lebih mantab berbelanja di toko anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...