Rabu, 17 Maret 2021

Cara menentukan biaya Budget iklan di Marketplace


Udah menentukan budget iklan bulanan belum ? atau asal aja berdasarkan feeling , mood, weton, atau zodiak :D .
 
Dalam menentukan budget iklan ternyata ada tekhniknya lho , coba simak berberapa cara atau metode untuk menentukan budget iklan sebagai berikut, 
  1. Budget iklan berdasar omzet penjualan , kalau udah akhir bulan dan sudah di hitung total berapa omzet yang di dapat . Ada sebagian untuk di simpan dan di sisihkan khusus untuk keperluan budget iklan di bulan depan . Biasanya kalau toko retail itu sekitar 5-10% dari omzet bulanan . 
  2. Berdasarkan Tujuan , contohnya kalau kita mau mengembangkan brand toko biar lebih di kenal. Misal target kita supaya dapat dilihat 1000 customer dari iklan, sedangkan harga per klik Promoted Push 200 rupiah. Maka kita perlu anggarkan budget iklan sebesar 200.000. 
  3. Berdasarkan kompetitor , pas cek produk di halaman pencarian kuq produk kita ngga nongol. Ternyata kompetitor udah banyak yang pada pakai iklan. Nah ini saatnya mau g mau harus ngeluarin budget iklan biar bisa bersaing. Besaranya tergantung kemampuan perusahaan. 
  4. Sisa dana , jika sudah di hitung profit di kurangi biaya operasional dan di sisihkan untuk pengembangan usaha masih ada sisa. Dana sisa ini bisa di manfaatkan buat iklan, jika nantinya dengan dana iklan ini bisa meningkatkan performa penjualan. Akan di naikan dan buat anggaran khusus untuk bulan berikutnya. 
  5. ALL IN, ini cara yang paling nekat yaitu memasukan semua profit usaha untuk budget marketing. Ini biasanya di lakukan buat yang punya toko baru agar cepat berkembang. 
Terus pakai cara mana yang paling bagus ? semua tergantung strategi dan kebutuhan om tante. Karena tiap produk beda perlakuan dan kondisi pasar juga dinamis. 



Kenapa musti pakai budget ? tujuanya kita punya patokan supaya bisa jadi tolak ukur. Jadi misal bulan kemarin keluar budget iklan 1 juta bisa menghasilkan profit 10 juta. Kemudian di naikan menjadi 1,5 juta profit jadi naik menjadi 17 juta, maka di bulan besok bisa jadi pertimbangan untuk menaikan budget iklan. 

Terakhir jangan lupa subscribe channel saya, untuk dapatkan tips lainya :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...