Selasa, 15 Oktober 2019

Dropship apakah alamat harus sama dengan supplier ?

Bisnis dropship kini jadi sangat populer bagi para pebisnis online akhir-akhi ini terutama di platform jualan marketplace. Kelebihan dari bisnis model ini kita tidak perlu stock barang dan mengurus proses packing barang. Kita tinggal meneruskan orderan yang djterima dari customer ke supplier. Dan untuk pengirimnya menggunakan atas nama kita. 

Walaupun  dibilang bisnis tanpa modal, jika dropship di marketplace kita tetap harus mengeluarkan modal.Selain itu mudah di jalankan terutama untuk pemula yang ingin berjulan online. Dropship itu sendiri tidak lepas dari yang namanya supplier . 

Muncul pertanyaan yang sering saya dapat di chanel YouTube saya dan grub Facebook. Kalau kita dropship misal saya tinggal di Semarang sedangkan supplier ada di jakarta apakah alamat harus sama dengan supplier? 
Jawabanya bisa iya bisa juga tidak harus, saya jelaskan di sini. 

Alamat di samakan dengan supplier 
Jika ingin tidak repot karena perbedaan ongkir anda harus sesuaikan dengan alamat atau kota supplier. Apalagi jika anda mengaktifkan kurir ojek online atau sistem pickup anda harus samakan alamat dan koordinat lokasi supplier. 

Alamat tidak harus sama dengan supplier
Bisa juga lho alamat toko anda tidak harus sama dengan supplier. Tapi ada konsekuensinya yaitu :
1. Anda harus menanggung selisih ongkir per kilogramnya , misal ada pembeli dari bandung anda tinggal di semarang dan supplier ada di jakarta. Ongkir Jakarta-Bandung 11rb sedangkan ongkir Semarang-Bandung 17rb disini anda akan menanggung biaya ongkir sebesar 6.000 rupiah saja. Jadi sebenernya bukan hal terlalu besar ongkir yang harus kita tanggung. Bisa di atasi dengan meningkatkan profit penjualan per produk kita dengan 6.000. Tapi akan ada masalah lain jika yang order dari kota yang jauh misal di papua atau aceh kalau di hitung selisihnya sekitar 26.000 . Untuk itu pastikan profit jualan anda harus di atas 30.000 jika ingin memaksa jualan dengan alamat berbeda dengan supplier.
2. Resiko terkena komplain, ada beberpa customer yang teliti jika barang yang di kirim ternyata tidak dari alamat penjual. Sehingga pasti akan ada komplain karena ekspetasi si pembeli barang akan cepat sampai karena di kirim dari kota yang dekat yaitu jakarta. Karena di kirim dari semarang paket jadi lebih lama sampai. 


Untuk saya sendiri yang tinggal di luar jakarta , banyak mengalami kendala jika menggunakan alamat asli. Karena pasti pembeli banyak terkendala oleh ongkos kirim yang lebih mahal. Sehingga misal produk sendiripun saya harus terpaksa stock produk di jakarta. Untuk mengatasi hal ini saya menggunakan jasa gudang dan pemenuhan pesanan Crewdible. Jadi barang saya titipkan ke gudang mitra crewdible yang ada di Jakarta sehingga bisa lebih hemat ongkos kirim untuk para customer saya. Dan saya lebih di mudahkan dalam hal urusan penyimpanan barang packing hingga pengiriman. Untuk tau info lebih lengkap tentang crewdible bisa lihat video di bawah ini.









2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Ka klo misalnya saya dropshiper trs ada yg pesen dari kota Medan misalnya alamat nya harus pke alamat saya apa alamat orang yg pesan

    BalasHapus

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...