Minggu, 13 Oktober 2019

Tips mengelola keuangan bisnis toko online

Pisahkan rekening
Buat rekening tabungan khusus untuk bisnis agar lebih mudah memisahkan antara kebutuhan pribadi  dengan bisnis. Semua perputaran uang bisnis jadikan satu rekening khusus dan nanti di pisahkan hasil keuntungan ke rekening pribadi. Sebagai owner toko online harus memakai sistem gaji jika ingin mengguakan uang perusahaan. Untuk saat ini bikin rekening juga cukup mudah bisa pakai aplikasi android atau ios jadi ngga harus datang ke kantor cabang. Contohnya seperti Jenius dari bangk btn dan bank Digibank DBS. 

Catat biaya tetap
Mulai buat daftar catatan biaya apa saya yang di keluarkan secara rutin bulanan. Misal biaya internet, karyawan , perlengkapan packing , dan listrik. Fungsi dari biaya tetap ini untuk menentukan target keuntungan usaha yang harus di capai agar bisa menutup biaya operasional rutin dan bisa untuk bahan evaluasi untuk efisiensi biaya.



Hitung laba rugi

Agar mengetahui perkembangan bisnis Minimal anda memiliki catatan. Buatlah catatan sederhana minimal penjualan dan laba rugi , catatan paling wajib untuk berjualan online.


Sisihkan Keuntungan Untuk menambah modal
Profit dari usaha jangan semua di nikmati sendiri sisihkan untuk menambah modal anda. Sehingga bisnis toko online anda bisa lebih cepat berkembang. Besaranya minimal 20% dari hasil keuntungan bisnis anda. Dana ini juga bisa di manfaatkan sebagai dana cadangan jika usaha anda membutuhkan modal besar misal saat orderan lagi melonjak.

Sediakan Dana Darurat
Dana darurat atau sering di sebut dana cadangan tidak hanya di perlukan di keuangan pribadi . Justruh di bisnis juga sangat perlu untuk menyisihkan dana untuk dana darurat ini. karena berbisnis sangat dinamis , dan banyak hal yang tak terduga. Dengan menggunakan dana cadangan ini tidak menggangu cashflow perusahaan . Contohnya seperti saat menjelang hari besar seperti lebaran natal tahun baru , kita pasti butuh modal lebih untuk stock produk atau untuk talangan modal dulu buat yang dropship.

Manajemen Stock
Identifikasi perputaran stock anda, jika perputaran stock tinggi stock lebih banyak dan untuk yang lambat bisa di kurangi atau tidak restock lagi. Dengan mengetahui siklus stock kita bisa lebih menghemat modal untuk stock produk.

Buat Anggaran Iklan
Selain menyisihkan keuntungan untuk menambah modal , kita perlu menyisihkan untuk anggaran iklan. Anggaran ini harus ada selama bisnis jualan kita berjalan dan secara bertahan di tambahkan . Sehingga bisnis kita bisa makin berkembang seiring dengan kenaikan omzet usaha berkat beriklan.

Tambahan Modal 
Kapan saat bisnis membutuhkan modal ?

  • pertumbuhan pendapatan, di saat ingin usaha memperoleh pendapatan yang lebih besar pastinya harus meningkatkan omzet penjualan. Dan untuk mencapai itu butuh dana extra seperti penambahan stock atau tenaga kerja.
  • kesempatan membeli ( grosir )
  • membiayai pesanan besar, pada saat momen tertentu seperti harbolnas atau hari raya biasanya akan ada lonjakan transaksi . Untuk itu perlu dana tambahan untuk bisa memenuhi pesanan.
  • expansi bisnis


Jangan Asal berhutang
Sekarang banyak sekali tawaran pinjaman modal atau sistem paylater. Sebaiknya di hindari karena bunga dan admin sangat tinggi yang bisa menggerus profit anda. Jika ada kebutuhan modal mendesak akan lebih baik jika meminjam ke saudara atau teman dekat. Dan pastinya kita tunjukan bukti bahwa transaksi kita benar-benar ada dan bisa di percaya.



1 komentar:

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...