Rabu, 06 November 2019

Meningkatkan Skor Performa toko di bukalapak

Di bukalapak terdapat sistem penghitungan peforma penjual yaitu dengan sistem point. Peforma lapak sangat penting karena menjadi syarat untuk mendapatkan badge super seller yaitu dengan point minimal 90. Selain itu jika performa lapak anda bagus, secara sistem bukalapak toko atau produk anda akan lebih di rekomendasikan di hasil pencarian produk bukalapak. Karena algoritma terbaru di prioritaskan untuk seller yang punya performa bagus. 

Untuk melihat point toko anda bisa masuk ke dashboard supper seller. Berbentuk segi lima seperti jaring alaba laba . 
cara meningkatkan point performa lapak
Performa Lapak


Poin di bagi menjadi 6 kategori yaitu Feedback positif, proses pesaan, review, transaksi berhasil ,favorit langganan, dan Kecepatan pengiriaman.  Nilai maksimalnya adalah 100 untuk tiap kategori point dan di hitung perminggu.

Berikut cara meningkatkan point atau mempertahankan point jika nilainya sudah di angka 100. 

1.  Favorit dan langganan,
Perbedaan favorit dengan langganan
Favorit ( wishlist ) = menyimpan daftar produk yang akan di beli
Langganan = Menyimpan daftar toko yang
Tujuanya memudahkan menemukan produk / toko yang di favoritkan. Sehingga tidak perlu repot untuk mencari lagi.

Memang agak sulit mendapatkan favorit produk atau langganan secara natural dari customer. Disinilah peran pemilik toko untuk mengedukasi customer agar mau memfavoritkan dan klik berlangganan. Dengan favorit produk misal sudah berminat dengan produk kita tapi tidak untuk transaksi sekarang menunggu gajian. nanti customer lebih mudah menemukan produk kita jika ingin berbelanja produk yang di inginkan tinggal lihat di daftar produk favorit.

Langganan perbedaanya pada toko untuk yang langganan bisa dengan Cara lain dengan mengedukasi mengarahkan pembeli untuk klik Langganan , berikan iming2 voucher pulsa bagi yang beruntung. Tulis pada banner toko dan  setiap deskripsi produk. 

2. Kecepatan Pengiriman, percepat untuk mendapatkan resi dan input ke transaksi. Caranya antara lain gunakan resi otomatis atau kode booking. kalau resi otomatis dan booking bisa lebih cepat karena setelah di input di agen , nanti di transaksi penjualan kita juga langsung terupdate.
Hindari pakai pick up , karena kadang lama kalau kita harus nunggu barang di pickup sama pihak ekspedisi. Apalagi di saat musim promo , karena overload pihak kurir sering telat untuk menjemput barang.
Jika manual saat sudah dapat resi jangan di tunda segera input resi ke transaksi. 
Biasanya kan kita setelah ngantar ke paket ke agen dapat resi , nanti sajalah di input di rumah . Ini kadang bikin makin lama , dan kadang malah sering lupa di input. 

Untuk transaksi yang banyak dan menggunakan resi manual , mintalah kontak agen pengiriman anda. Dan request untuk mengirimkan daftar resi pengiriman biasanya dalam bentuk excell . Jadi anda bisa menginput terlebih dahulu resi tanpa menunggu resi manual.

3. Review / ulasan pembeli , usahakan mendapatkan review pembeli dengan rating bintang 5. Berikan follow up pada pembeli untuk mengisi ulasan dan memberikan review. 

cara meningkatkan point performa lapak
Ulasan di produk bukalapak



4. Transaksi Berhasil , usahakan menghindari pembatalan karena alasan klasik seperti stock kosong atau terlambat input resi karena lupa. Untuk itu selalu pantau stock rutin terutama bagi anda yang dropship. Tutup toko jika ingin libur atau ada kegiatan yang menyebabkan anda tidak bisa memproses pesanan yang masuk di bukalapak. 

5. Pemrosesan pesanan, kecepatan proses pesanan di sini bukan di ukur dari kecepatan sampainya paket karena ini ursuan pihak kurir . Tapi jeda waktu antara order masuk dengan klik proses pesanan oleh pelapak dan resi terdeteksi oleh sistem. Jika yakin stock ada dan bisa kirim langsung saja proses pesanan saat ada order masuk. Jangan proses pesanan saat mau input resi pengiriman.

6. Feedback positif, jangan sampai anda mendapat feedback negatif dari customer. Biasanya karena customer service anda kurang ramah , salah kirim produk, produk rusak karena packing tidak aman dan rapi atau lamanya proses pesanan. Jika memang ada kesalahan anda harus minta maaf dan bertanggung jawab terhadap produk yang anda jual , ganti produk jika memang rusak sehingga customer bisa memaklumi dengan mengganti feedback negatif menjadi positif lagi. 
Karena memang kepuasan pelanggan jadi hal utama walaupun kita harus menanggung rugi. Jangan kuatir untuk 1 feedback negatif bisa di hapus dengan 20 feed back positf.

Itu tadi beberapa upaya yang bisa di lakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan point pefrorma lapak anda. Jika toko anda di bukalapak sepi coba cek lagi toko anda dengan meningkatkan point-point yang angkanya turun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...