Minggu, 09 Agustus 2020

Meningkatkan konversi penjualan di marketplace


Marketplace jadi platform paling cocok dan primadona untuk berjualan online saat ini . Selain traffic yang tinggi sebagai seller kita di manjakan bebagai fitur yang di sediakan baik gratis maupun berbayar. Tapi akan sia-sia jika banyak traffic tapi tidak menghasilkan penjualan di toko kita alias konversinya rendah. Untuk itu butuh strategi khusus agar traffic yang datang di tempat kita juga menghasilkan penjualan. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan konversi penjualan toko anda di marketplace.

Optimasi Judul, sumber traffic paling besar yang datang ke toko kita berasal dari hasil pencarian produk. Sehingga kita harus berupaya agar produk kita mudah di temukan oleh customer yaitu dengan melakukan optimasi judul. Beberapa cara untuk optimasi judul yaitu dengan riset kata kunci , kita cari kata kunci yang paling relevan dan banyak di ketik oleh calon pembeli kita. Fungsi judul yang relevan juga berfungsi untuk menyaring customer yang benar-benar tertarget dengan produk yang kita jual.

Foto gambar menarik, setelah produk kita muncul di hasil pencarian karena hasil dari optimasi judul. Customer pasti akan melihat gambar produk terlebih dahulu , untuk itu buat gambar yang jelas dan menarik agar di klik oleh calon customer kita.

Deskripsi Jelas dan Lengkap, pastikan deskripsi ditulis dengan lengkap dan jelas. Sehingga pembeli bisa langsung memperoleh semua informasi produk secara lengkap. Sehingga tidak ragu lagi melalukan pemesanan di toko online anda.

FItur pendukung jasa pengiriman , di indonesia masih banyak masyarakat yang belum memiliki rekening. Sehingga untuk bertransaksi online mereka terkendala soal transfer . Untuk membayar di marchant seperti indomart atau alfamart juga di rasa sangat merepotkan. Untuk itu banyak yang sangat terbantu dengan adanya sitem COD , sehingga customer bisa langsung bayar di rumah saat barang sampai. Itulah kenapa saat ini fitur COD banyak di manfaatkan customer karena lebih praktis dan pastinya berimbas dengan meningkatnya konversi penjualan untuk toko yang support dengan pembayaran COD.

Respon chat , sebelum order pembeli biasanya coba chat dulu ke seller soal ketersediaan stock atau mengenai informasi produk. Jika respon anda lama di atas 10 menit saja itu pembeli pasti sudah kabur dan beralih ke toko lain. 

VOucher/diskon, siapa sih yang ngga suka belanja pakai voucher. Meskipun nilainya sedikit kalau ada potongan mengguankan voucher ada kepuasan tersendiri . Setelah pembeli tanya-tanya dan masih ragu untuk melakukan transaksi , kita bisa tawarkan voucher . Pasti customer ngga akan mikir panjang untuk melakukan transaksi. 

VIdeo produk, inilah yang jadi hal paling powerfull saat ini yaitu content video . Conten video dapat meningkatkan konversi penjualan hingga 60% karena video dapat menjelaskan prdouk lebih detail dan mudah di tangkap oleh customer karena terdapat gambar visual dan audio. Konten video yang dapat di gunakan berupa video review , unboxing , atau video edukasi yang berhubungan dengan produk yang ktia jual. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...