Traffic Rendah
- Kesalahan pada judul, contohnya tidak memaksimalkan jumlah karakter judul dan banyak yang di ulang.
- Gambar Kurang menarik , traffic datang paling tinggi karena klik gambar produk. Untuk itu pada gambar pertama produk harus yang paling menarik .
- Tidak berlangganan fitur premium di MP : jika anda hanya mengandalkan fitur gratisan di marketplace maka toko anda juga akan sulit berkembang. Karena Marketpalce lebih memprioritaskan untuk toko yang memanfaatkan fitur berbayar. Contohnya pada hasil pencarian produk dan undangan untuk mengikuti promo.
View tidak bertambah walaupun memakai iklan berbayar
- judul produk , kurang relevan , jumlah pencarian rendah
- foto produk kurang menarik
View banyak tapi tidak ada yang beli ,
Judul Produk SEO sudah maksimal foto produk sudah menarik cuma kurang di konversi produknya.
- Cek harga pesaing produk yang sejenis
- Baca ulang deskripsi , mungkin ada informasi yang kurang
- Cek harga pesaing produk yang sejenis
- Baca ulang deskripsi , mungkin ada informasi yang kurang
- Sudah aktifkan voucher / free ongkir
- Kebanyakan produk sampah , yaitu produk yang kurang di optimasi sehingga performa penjualanya tidak bagus.
- Sudahkah anda bisa jadi solusi untuk customer anda ?
- Respon chat lambat dan tidak memaksimalkan tekhnik closing yang benar.
Dari hasil analisis tadi anda bisa lakukan evaluasi lagi dengan cara ,
Riset kebutuhan pasar
- apakah produk anda masih di butuhkan pasar
- produk masih trend atau sudah jenuh
- jumlah kompetitor
- persaingan harga masih sehat atau tidak
Apakah sudah mengerti segment pasar anda?
Pahami lagi segmen pasar anda , mulai dari segmen jenis kelamin , umur , dan penghasilan. Untuk itu kita bisa sesuaikan segmen pasar kita dengan marketpalce. Misal untuk bukalapak kebanyakan customer di kalangan pria dan pecinta hoby sedangkan di Shopee segmen pasar banyak di dominasi wanita dan kategori produk fashion.
Itulah tadi beberapa penyebab produk jualan anda di marketpalce tidak laku. Segera analisis lagi toko dan produk anda agar penjualan kembali melejit.
Apakah sudah mengerti segment pasar anda?
Pahami lagi segmen pasar anda , mulai dari segmen jenis kelamin , umur , dan penghasilan. Untuk itu kita bisa sesuaikan segmen pasar kita dengan marketpalce. Misal untuk bukalapak kebanyakan customer di kalangan pria dan pecinta hoby sedangkan di Shopee segmen pasar banyak di dominasi wanita dan kategori produk fashion.
Itulah tadi beberapa penyebab produk jualan anda di marketpalce tidak laku. Segera analisis lagi toko dan produk anda agar penjualan kembali melejit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar