Minggu, 19 Juli 2020

Tips Menghindari Pembatalan Pesanan Di Marketplace


Saat berjualan di marketplace terkadang kita dihadapkan dengan masalah stock yang kosong. Jadi terpaksa kita harus menolak pesanan terutama untuk Anda yang berjualan secara dropship, pasti sering mengalami stock tiba-tiba kosong di supplier. Padahal jika kita sering menolak pesanan sangat berdampak buruk untuk toko kita di marketplace. Efek paling ringan kita hanya dapat reputasi negatif seperti di Bukalapak jika menolak sebanyak 5 kali kita akan mendapat  1 reputasi negatif. Namun jika secara berturut-turut menolak pesanan toko kita bisa dibekukan atau di batasi jika dalam istilah di Lazada OVL. Untuk itu kita perlu strategi khusus untuk menolak pesanan secara aman dan tidak merugikan customer juga.  
Berikut beberapa cara strategi untuk mengurangi tingkat penolakan pesanan,

Rutin Update Stock, langkah yang wajib di lakukan untuk mengurangi tingkat pembatalan pesanan yaitu dengan rutin memberbaharui stock. Untuk jangka waktunya sesuaikan dengan tingkat perputaran dan jumlah produknya . Untuk yang dropship pasti akan sedikit kesulitan karena kita hanya berpatokan dengan data yang ada di toko supplier dan tidak bisa melihat jumlah pasti stocknya. Cara untuk mensiasati bisa dengan lakukan patroli stock rutin harian di toko supplier. 

Cari produk serupa , kita bisa coba cari produk yang sama dengan kita jual di tempat seller lain. Pasti ada jalan lain atau kompetitor yang jual produk sama dengan produk yang kita jual kecuali untuk produk custom

Produk alternatif , Tawarkan kepada customer produk yang hampir sama walaupun selisih harga lebih mahal kita sampaikan untuk kelebihannya tidak perlu menambah biaya. Kita sampaikan sebagai bonus pasti customer akan lebih senang dan biasanya mau di ganti produk yang dibelinya. 

Minta pembatalan customer, cara lain untuk penolakan pesanan bisa bujuk customer untuk mengajukan pembatalan pesanaan. Karena jika yang mengajukan pembatalan customer kita tidak terkena point pinalti. Tapi tetap ya untuk rating penolakan akan naik. 

Minta pembatalan PSC, bisa juga dengan cara kita menghubungi admin marketplace untuk mengajukan pembatalan. Dengan melalui admin Kita juga bisa terhindar dari poin penalti.
kirimi barang pengganti yang terpenting jangan terlalu sering karena pasti akan ditolak oleh admin, 

Contact Admin Marketplace, Cara terakhir jika memang produk pengganti tidak ada dan tidak bisa mengajukan pembatalan ke customer atau admin. Kita bisa bernegosiasi dengan customer misal dengan mengirim produk lain dengan harga murah dijadikan sebagai bonus. Dan uang dan biaya ongkir Kita transfer kembali ke customer. 

Kembalikan Uang Dalam Paket, sebenernya cara ini kurang etis untuk itu kita harus menanyakan terlebih dahulu apakah bersedia di kembalikan dalam bentuk uang. Dan pastikan di kembalikan pula uang biaya ongkos kirim yang sudah di keluarkan oleh customer. 

Beri Hadiah, adalagi cara agar tidak menolak pesanan yaitu dengan kasih hadiah ke customer. Kita kirim barang berupa hadiah tapi ya jangan mahal-mahal. Nanti kita kirim dengan resi sesuai dengan transaksi di marketpalce. Selanjutnya uang kita kembalikan secara transfer utuh beserta ongkos kirimnya. Memang kita rugi dari sisi ongkos kirimnya , tapi kalau masih terjangakau tidak ada salahnya pakai cara ini demi menjaga reputasi toko.   

Yang perlu diperhatikan saat menginformasikan produk kosong kepada customer kita pergunakan bahasa yang sopan, biasakan menggunakan kata maaf di awal karena ini kesalahan kita sebagai bagai penjual karena stok tidak update. Sampaikan apa adanya kendala kenapa kita tidak bisa memenuhi pesanan. 

Itu tadi beberapa upaya untuk mengurangi tingkat pembatalan pesanan. Jika kalian punya ide lain cara mengurangi pembatalan pesanan Bisa Tinggalkan dikomentar, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...