Kamis, 21 Mei 2020

Faktor Penyebab toko kita di marketplace menjadi Sepi Penjualan


Terkadang kita sudah melakukan segala upaya untuk optimasi toko dengan harapan penjualan bisa naik dan stabil. Namun di suatu kondisi pasti ada masa dimana toko menjadi sepi , penyebab paling umum karena mayoritas masyarakat kita adalah pekerja. Di setiap akhir bulan penjualan pasti akan sedikit menurun. Hal ini wajar karena biasanya di akhir bulan masa krisis di mana gaji sudah mulai habis. Dan saat tiba masa awal bulan gaji turun orderan jadi meningkat karena banyak yang berbelanja. Tapi ada beberapa penyebab lain yang belum banyak di ketahui dan disadari bisa bikin penjualan di toko marketpalce kita turun. Berikut beberapa penyebabnya , 

Update perubahan sistem
, secara berkala marketplace melakukan update tampilan sisitem epngurutan hasil pencarian atau sering di sebut algoritma. Sehingga akan ada perubahan posisi produk kita yang biasanya unggul di halaman depan tiba-tiba bisa berubah tampil di halaman belakang.

Toko di bekukan ( Freze ) , Marketplace melakukan pembekuan kepada akun yang melanggar syarat dan ketentuan berjualan. Meskipun akun kita sudah selesai menjalani pinalti berupa toko di bekukan , maka tetap akan ada efeknya terhadap jumlah traffic yang masuk ke toko kita. Karena produk yang sudah kita upload juga mengalami penurunan di hasil pencarian marketplace. 

Program promo baru, penjualan dari hasil traffic berbayar pasti akan berpengaruh. Misal kenaikan biaya minimal seperti yang terjadi di shopee dari minimal 90 sekarang berubah menjadi 150 untuk biaya per kliknya.

Pelanggaran Produk, pelanggaran seperti
- salah masukan kategori
- pelanggaran merk
- spam keyword judul
- jual produk terlarang. 
- mencantumkan contact 

Penolakan pesanan, dengan menolak pesana otomatis rating toko kita akan turun . hal ini menyebabkan produk kita juga akan turun posisinya di hasil pencarian.

External , marketplace lain sedang promo
Saat ini customer marketplace pasti tidak hanya memiliki akun di satu marketpalce saja. Pasti sebagian besar sudah punya akun di marketplace lain. Tujuanya untuk pantau harga barang dan memburu promo. apabila di suatu marketplace sedang mengadakan promo besar pasti traffic juga akan otomatis tersedot ke marketplace yang memberikan promo lebih besar dan gencar.

Ok itu tadi beberapa hal yang dimungkinkan dapat menyebabkan omzet penjualan kita di marketplace turun. Semoga bermanfaat jangan lupa subscibe channel Youtube saya di 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...