Rabu, 13 Mei 2020

Kelebihan Berjualan Marketplace di banding media platform lain



Kenapa sih harus berjualan di marketplace di banding paltform lain . Markeptlace ibarat pasar jadi tempat yang di sediakan khusus untuk transaksi jual beli online. Sehingga traffic yang ada sudah berniat untuk belanja, berbeda dengan di sosmed yang masih cold market karena media sosial platform untuk bersosialisasi bukan untuk belanja maka butuh usaha khusus untuk bisa berjualan di sosial media. Selain hal itu ada beberapa pertimbangan kenapa berjualan di marketpalce lebih di sarankan. 

1. Pendaftaran Gratis , Pendaftaran mudah dan gratis tidak ada biaya langgangn bulanan atau tahunan . berbeda dengan membuat website yang harus membayar domain hosting tiap tahunnya.
2. Trend belanja online, kita sudah memasuki Era industri 4.0 dimana masyarakat sekarang sudah beralih semua serba digital terutama saat berbelanja, apalagi setelah masa pandemi covid yang menyebabkan orang di batasi pergerakanya tidak bisa keluar rumah. 
3. Syarat tidak rumit cukup modal nomor handphone dan email kita sudah bisa buat akun toko di marketplace. 
4. Memanfaatkan promo, banyak marketplace menyediakan banyak promo seperti gratis ongkir yang sangat di minati para customer. 
5 Reputasi dan Feedback, ada sistem reputasi dan feedback yang merupakan portofolio bahwa toko kita sudah menjual produk dan meningkatkan trust . Bangun toko di marketplace seperti bangun aset yang nantinya bisa di wariskan . 
6. Kemudahan mencari produk , hampir semua produk bisa di temukan di marketpalce. Marketplace jadi one stop shopping mau cari apa aja ada dan kebebasan memilih produk dari toko lain dengan jualan produk yang sama.
7. Database , selain bisa numpang jualan kita bisa dapat database customer dari riwayat transaksi.
8. Membangun brand dan reputasi, setiap penjualan di marketplace kita akan mendapatkan feedback berupa reputasi dan penilaian terhadap produk. Berbeda jika kita berjualan di luar marketplae , maka kita ngga ada sistem reputasi adanya hanya testimonial yang itu keakuratanya masih bisa di ragukan atau di buat buat.  sehingga aset toko kita  bisa di wariskan .
9.  Mendukung banyak ekspedisi, marketplace sudah bekerjasama dengan banyak ekspedisi . Jadi kita tidak perlu repot dalam hal pengiriman barang , selain ada promo potongan sistem pengiriman di marketplace sudah menerapkan cashless jadi tidak harus repot bayar ongkos kirim ke agen kurir pengiriman. 
10. Kemudahan transaksi, website dan aplikasi yang di sediakan oleh marketplace saat ini sudah sangat user friendly. Sehingga tidak sulit untuk orang yang gaptek sekalipun untuk berbelanja melalui marketplace. 
11. Pembayaran , marketplace menyediakan cara pembayaran yang lengkap mau pakai kartu debet / kredit, e-wallet, bahakan pembayaran di tempat atau sering di sebut COD. Jadi pembeli hanya cukup menyediakan uang saat paket tiba di rumah dan di bayarkan ke kurir. 
12. Keamanan , transaksi di marketplace cukup aman karena antara pembeli dan penjual ada sistem rekening perantara atau sering di sebut escrow. Sehingga saat transaksi dana dari pembeli tidak langsung di berikan ke penjual tapi dana di tampung dulu di rekening escrow. Nanti setelah transaksi selesai dan pembeli melakukan konfirmasi bahwa paket sudah diterima dan sesuai maka dana akan di terskan ke pembeli. 

Itulah tadi beberapa alasan mengapa kita harus berjualan di marketpalce , jangan sampai moment peluang ini terlewatkan untuk anda yang baru memulai berbisnis berjualan secara onoine.  semoga bermanfaat . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...