Selasa, 09 Februari 2021

Optimasi SEO Judul produk di Marketplace Bukalapak

Kali ini akan membahas fokus tentang SEO di Marketplace bukalapak , terutama untuk optimasi Judul. 

Apa sih yang paling memengaruhi SEO di Marketplace? 

Hal paling pengaruh yaitu JUDUL PRODUK. Mesin pencari menemukan produk yang diketik oleh customer berdasarkan judul. Untuk itu kita musti jeli dalam memilih kata kunci untuk judul. Pastikan kita tau, apa sih kata yang di ketikan customer untuk mencari produk kita? 

Caranya gimana itu biar tau? 


Langkah yang dilakukan pertama yaitu dengan riset. Untuk riset sebenarnya mudah kuq berikut beberapa cara yang bisa di lakukan. 

  • ATS, amati tiru dan sempurnakan. Coba search deh Produkmu di mesin pencari nanti akan keluar produk-produk hasil dari mesin pencariannya bukalapak. Terus tinggal kita tiru aja judul produk dari kompetitor. Pastinya jangan di tiru persis, sesuaikan dengan produk yang kamu jual atau bisa di sempurnakan jika ada yang masih bisa di optimasi. Untuk produk yang di jadikan contoh pastikan produk yang bukan dari hasil iklan ya . Karena itu merupakan hasil organik yang bisa muncul di depan tanpa iklan. 

  • Rekomendasi mesin pencari, kamu bisa lihat hasil rekomendasi dari kotak pencarian. Kumpulkan beberapa kata itu jadikan satu kalimat menjadi judul produk. Tapi tetep harus pilih yang relevan sama produk yang kalian jual. 

  • Bisa gunakan tools lain seperti Google trend atau keyword planer untuk mencari ide kata kunci. 


Tips lain agar judul produk makin Power full. 

  1. Letakkan 3 kata kunci utama di awal judul. Alasanya mesin pencari akan membaca kata mulai dri paling depan, makin urut dan relevan maka makin besar pula peluang produk kita muncul. 

    3 kata kunci di awal judul

  2. Jika jual produk yang memiliki brand belum terkenal. Bisa letakan setelah 3 kata kunci utama atau di akhir judul.

  3. Hindari penggunaan tanda baca kata-kata spam dan tidak penting. Contoh kata : jual, diskon, promo , dll . Memang kadang
    kita butuh kata gimmick untuk menarik customer. Tapi jangan terlalu berlebihan agar tidak mengganggu mesin pencari. 

  1. Maksimalkan jumlah karakter, di bukalapak batas maksimal jumlah karakter 150. Usahakan jangan terlalu singkat , karena makin banyak memasukan kata kunci yang relevan dengan produk. Hasil pencarian juga akan lebih luas , bisa meningkatkan exposure.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...