Sabtu, 25 Mei 2019

Tujuan memakai iklan atau fitur berbayar di Marketplace



Seperti yang kita tahu berjualan di marketplace itu gratis. Tinggal daftar upload,  Tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun kita tetap bisa memperoleh penjualan. Tapi apakah cukup hanya dengan itu? bisa di ibaratkan kita seperti orang jualan di pinggir jalan menunggu customer yang datang. hanya menunggui orang lalu lalang berharap mampir ke toko kita.

Di Materi kali ini buat masukan untuk kalian yang masih ragu dan sayang mengeluarkan anggaran untuk memulai menggunakan iklan berbayar. Perlukah dan alasan kenapa musti pakai iklan berbayar di marketplace.

Meningkatkan penjualan
Sudah tau lah yaa tujuan beriklan paling diinginkan semua pedagang yaitu meningkatkan penjualan. Tapi perlu di perhatikan juga jangan sampai dengan beriklan malah menimbulkan kerugian karena cara beriklan yang tidak efektif. Untuk menghindari hal itu maka perlu ada tahapan dan proses yang perlu di lalui. Jadi tanpa kita coba mulai menggunakan iklan atau fitur berbayar kita tidak akan bisa tau.

Data Riset
Dengan beriklan tidak hanya mendatangkan lebih banyak kunjungan ke toko atau produk kita . Selain itu juga bisa mengumpulkan dan mendapatkan data untuk keperluan riset berupa
- Produk yang laku / kurang laku
- Waktu jam ramai ( data ini bisa di manfaatkan untuk menentukan kapan waktunya menaikan produk misal di bukalapak dengan push . 
- jumlah customer potensial
- kebutuhan biaya iklan , bisa di jadikan sebagai acuan menentukan anggaran iklan yang dibutuhkan untuk selanjutnya

Branding
Jika anda sedang mengembankan brand baru baik toko atau produk. Dengan beriklan berbayar jadi cara yang efektif mempercepat merk kita dikenal di pasar. Dalam hal branding perlu di rubah mindset fokus untuk mendapatkan profit saja. Tapi dengan bertambahnya jumlah pelanggan dan memfaoritkan produk kita itu sudah menjadi indikator baik iklan kita sudah berjalan dengan baik. Ya syukur-syukur di lain waktu para pelanggan kita tadi berbelanja di lain waktu. 

Target usaha
Dalam menjalankan bisnis toko online setiap bulanya pasti ingin mencapai perubahan yang lebih baik yaitu dengan menentukan target. Sehingga ada beberapa usaha yang di tempuh untuk dapat memenuhi target penjualan yang sudah di tentukan. Salah satunya bisa di dukung dengan penggunakan beriklan dan memanfaatkan fitur berbayar,

Membangun Reputasi
Dengan beriklan menjadi salah satu cara agar toko kita bisa jadi lebih terpercaya, terutama untuk toko baru yang belum memiliki feedback reputasi. Seperti fitur premium akun di bukalapak kita bisa mendapatkan badge khusus sehingga di mata customer kita dinilai toko yang NIAT berjualan. 

Memunculkan kembali produk
Produk yang sudah lama di upload oleh sistem marketplace pasti akan di letakan di halaman belakang karena tergeser oleh produk baru . Sehingga menjadikan produk anda akan sangat sepi kunjungan bahkan sama sekali tidak ada kunjungan. Fitur seperti push di bukalapak bisa di manfaatkan untuk memunculkan kembali produk di daftar paling atas. 

Kelangsungan usaha marketplace 
Iklan dan layanan fitur jadi salah satu sumber pemasukan untuk marketplace, terutama bagi yang tidak meminta komisi di setiap penjualanya seperti di bukalapak tokopedia dan shopee. Jadi kalau jumlah pemasukan iklan sedikit maka bisa terancam bangkrut dan tidak berkembang. Kita sebagai seller yang istilahnya hanya menumpang jualan, jadi kita harus TAU DIRI salah satu kontribusi kita ke marketplace dengan memanfaatkan iklan atau fitur berbayar. 

Sebagai penutup janganlah pelit untuk menyediakan budget anggaran untuk beriklan , jika masih boncos anggap saja sebagai biaya investasi dan belajar. Dan percayalah tanpa iklan penjualan kita  akan biasa-biasa saja tertinggal jauh dengan kompetitor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...