Sabtu, 01 Juni 2019

Produk Harus di hindari Penjual online atau dropshiper pemula

Jenis Produk yang harus di hindari Penjual online atau dropshiper pemula

Sebenarnya untuk saat ini hampir semua produk bisa di jual secara online . Namun ada kondisi tertentu yang menghambat proses penjualan. Mulai dari packing , proses pengiriman hingga upload produk. Berikut jenis jenis produk yang sebaiknya di hindari untuk penjual online atau dropshipper pemula :

Disclaimer : penjelasan artikel di sini sebagai referensi bukan berarti melarang sama sekali untuk tidak menjual produk jenis tertentu tapi bisa di jadikan alterantif terakhir untuk memilih produk yang ingin di jual. Dan dilihat dari segi peluang yang ada. 

Produk Musiman

Hasil gambar untuk rain coat
Produk ini memiliki ciri yang hanya laris di moment tertentu , misal saat lebaran jualan produk baju muslim, musim hujan jualan jas hujan . Setelah selesai musim akan sepi dan direpotkan harus upload produk lain lagi. 

Trend


Untuk menjual produk trend harus mengetahui masa trend baru naik dan ini tidak mudah . Buat penjual online pemula akan cukup sulit jika sudah masuk ke produk yang lagi trend pasti akan tetap tertinggal . Jika saat masih trend harga produk tinggi tapi saat udh selesai akan sulit terjual dan harga udah turun drastis. Contohnya adalah mainan fidget spinner , awal mula saat trend dulu sangat sulit cari supplier untuk produk ini , tapi setelah produk sudah terlalu banyak yang jual harga jadi sangat jatuh dan sekarang hanya di jadikan bonus karena sudah tidak laku. Tapi untuk produk fashion memang harus megikuti trend karna sifatnya yang dinamis mengikuti perkembangan mode. 


Volume atau Ukuran 

Produk dihindari penjual online pemula

Hindari menjual produk dengan ukuran besar walaupun sebenarnya ringan. Contohnya seperti boneka besar , walaupun beratnya ngga sampai 2 kg tapi untuk volume bisa di hitung lebih dari  5 kg karena terkena volume. Jadinya ongkos kirim lebih mahal dan dapat komplain dari pelaggan karena belum teredukasi soal perhitungan volumetrik. Selain itu kita juga kesulitan menentukan ongkos kirim karena kadang berbeda dengan perhitungan sendiri de
ngan pihak kurir. 



Produk Banyak Pesaing
Semua produk yang di jual online pasti ada pesaing , tapi jika sebagai seller pemula yang feedback masih sedikit. Banyak yang mengeluh seller baru sulit sekali dapat penjualan. Ya karena jualan produk dengan persaingan tinggi. Untuk itu kita bisa coba beralih ke kategori produk dengan persaingan yang tidak terlalu ramai. Sebagai acuan produk apa yang persainganya tidak ketat anda bisa lihat di tabel di bawah ini .  Kategori produk seperti Mainan atau Hoby ke bawah bisa jadi pilihan untuk mulai berjualan. 


Banyak Varian

Contohnya untuk sepatu memiliki varian yang bertingkat terdiri dari model ukuran dan warna. Dengan banyak varian mengakibatkan proses untuk upload menjadi lebih lama. Untuk manajemen stock juga lebih rumit karena biasanya supplier tidak stock begitu banyak untuk tiap-tiap varian terutama untuk dropshiper. 

Produk kw


Kalau untuk produk yang satu ini jangan coba di jual di marketplace. Untuk seller yang menjual Produk kw premium atau .replika di marketplace akan mendapatkan sanksi berupa penghapusan produk bahkan hingga penutupan akun. Pengalaman awal saya berjualan produk KW memang laris tapi untuk jangka panjang kita akan banyak mengalami masalah , harus kucing-kucingan dengan admin. 

Benda Berbahaya

Walaupun untuk saat ini kita bisa mengirimnkan benda berbahaya dengan jasa ekspedisi khusus. Tapi untuk dropshiper akan kesulitan karena kendala resi yang tidak bisa di tracking karena jasa pengiriman yang tidak di dukung oleh marketplace. Atau bahkan paket tertahan keamanan bandara karena di anggap berbahaya. Contohnya untuk benda umum yang sering kita pakai seperti powerbank sekarang sudah di batasi untuk pengiriman via udara terutama untuk yang ukuran 10.000mah karena pernah ada kasus meledak saat di kargo pesawat. Bahkan untuk produk hanya cairan seperti madu pun banyak ekspedisi yang menolak. Jadi untu pengiriman benda berbahaya sebagian besar hanya bisa di lakukan via darat yang pastinya akan bikin lama proses pengiriman.

Perputaran Lambat 
Untuk bisnis baru perputaran cash yang cepat sangat di perlukan . Karena dana cash sangat di butuhkan untuk pengembangan usaha. Misal untuk promosi dan penambahan modal, untuk itu hindari produk dengan permintaan pasar yang minim yang mengakibatkan perputaran usaha lambat. 

Itu tadi beberapa produk yang harus di hindari untuk penjual online atau Dropshipper  pemula. Semoga dengan referensi artikel ini anda tidak salah pilih produk untuk mulai berjualan. Tidak ada salahnya juga anda menjual jenis produk di atas tapi dengan resiko menghadapi pesaing yang cukup berat. Akan lebih mudah jika anda sudah memiliki cukup pengalaman dan feedback sehingga lebih mudah untuk mendapatkan penjualan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...