Jumat, 13 Desember 2019

Dropshiper pemula sebaiknya 1 supplier atau lebih?

Saat memulai berjualan sebagai dropshiper kadang kita bingung di hadapkan dengan memilih supplier.   Mau ambil dari beberapa supplier atau cukup fokus di 1 supplier saja. Terkadang untuk menambah lebih banyak SKU butuh supplier lain . Untuk hal ini kembali lagi dengan pilihan anda mau jualan macam macam alias palugada , atau jualan 1 jenis produk.

Jika anda berjualan fokus 1 jenis produk pilihlan supplier yang tidak memiliki terlalu banyak produk. karena biasanya punya stock yang banyak untuk tiap produknya. Sedangkan kalau anda berjualan produk macam-macam akan lebih efektif jika punya beberapa supplier dengan produk yang sejenis. Jadi akan lebih memperbanyak koleksi SKU anda dan punya cadangan jika di salah satu supplier kosong.

Tapi ada resikonya juga , jika kebetulan ada customer order lebih dari satu produk dari supplier yang berbeda maka anda harus menanggung salah satu ongkir. Tapi selama profit anda mencukupi dan bisa menutup biaya ongkir bukan jadi hal yang maslah. Untuk itu jika mengguankan supplier lebih dari satu pilih yang berada di satu kota. jadi produk bisa anda kumpulkan terlebih dahulu sebelum di kirim ke customer.

Kalau proses pesanan dari dua supplier Bagaimana dengan resi pengirimanya ? kita input salah satu saja. Pilih yang paling cepat muncul dari supplier atau yang kurir sesuai dengan yang ada di pesanan marketplce.
Tapi jangan lupa konfirmasi ke pembeli klo paket di kirim terpisah dan waktu sampainya tidak bersamaan. Karena di kirim dari lokasi dan waktu yang berbeda.

Ada tips nih biar ngga banyak terjadi kasus order beda supplier, upload per supplier satu jenis kategori saja. Karena jarang ada customer order beberpa produk dengan kategori yang berbeda, ini bisa mengurangi tingkat jumlah pesanan dari beda supplier. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...