Selasa, 10 Desember 2019

Mengapa Bukalapak Sepi ? apa karena CEO Bukalapak Achmad Zaky Mundur


Akhir-akhir ini banyak temen-temen seller yang mengeluh omzet penjualanya sepi di bukalapak. Padahal sudah pakai promo masih aja sepi penjualan.  Ada faktor apakah gerangan ? apakah karena sedang masa peralihan CEO Bukalpak Ahmad Zaky ? Kali ini akan saya bahas beberapa kemungkinan penyebab kenapa hal ini terjadi.
Disclaimer : di sini merupakan hasil analisa dan pendapat saya sendiri jadi bisa saja salah dan bukan bermaksud menjelek jelekan bukalapak.

1. Faktor makro , yaitu karena resesi ekonomi daya beli menurun orang cenderung berhemat untuk persiapan menghadapi hal ini. secara keseluruhan ngga cuma di bukalapak di mp lain juga hal sama.
2. Minim Promo, saat event 11.11 dan 12.12 promo tidak terlalu gencar di banding MP lain dan terkesan tanggung. Bahkan promo yang internal pun kadang kosong g setiap waktu ada.
3. Perampingan SDM, banyak karyawan di kurangi sehingga pelayanan terhadap seller customer dan promosi menurun.
4. Minim inovasi , untuk MP lain gencar menambahkan fitur-fitur yang mendukung penjualan dan menarik untuk mendatangkan traffic ke toko.
5. Penurunan biaya iklan adsense dan sekarang sudah jarang beriklan juga di televisi
6. Kebijkan baru program super seller dan komisi , 1% tiap transaksi untuk super seller dan 3% untuk kategori hobi olahraga rumah tangga. selain algoritma berubah Mengakibatkan seller sedikit menaikan harga . Tapi banyak yang mengeluh efeknya kurang begitu terasa .
7. Keamanan , sering di dapati Phising melalui chat dan
8. Sering eror atau maintanance pada jam ramai
9. Pertumbuhan Seller dan Pembeli online tidak sebanding, apalagi di dukung adanya para pemain scrap dan spam sehingga 1 orang saja bisa punya ratusan bahkan ribuan toko.
10. Fokus pembuatan gedung kantor baru sebuah tower di simatupang jakarta . Kabar bagus ini semoga dengan kantor baru bisa makin maju karena beberapa team seperti RND yang dulu terpencar bisa gabung jadi satu atap.


Saran dan Solusi :
1. Tetap bertahan , menunggu bukalapak melakukan gebrakan baru lagi.
2. Penghematan iklan , lebih selektif lagi untuk memilih produk untuk di iklankan. jika kurang efektif sebagian di alihkan dulu ke MP lain.
3. Membesarkan brand toko melalui channel marketing lain seperti bangun database contact dan buat sosial media facebook IG dll.
4. Selalu optimis , karena masih ada juga temen2 seller yang penjualanya masih ramai di bukalapak

Tetap kita support MP yang lokal satu ini  . Semoga bisa bertahan melawan gempuran mp luar yang duit investornya unlimited alias tak terbatas. Bagaimanapun bukalapak sangat berjasa buat saya pribadi dan teman2 terutama di komunitas. Saya banyak belajar dan berkembang juga bekat komunitas bukalapak. Semoga bukalapak menjadi leader dan marketplace favorit buat masyarakat indonesia.

1 komentar:

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...