Selasa, 03 Desember 2019

Tips optimasi SEO di Marketplace

SEO itu apa sih terutama di marketplace ? yaitu upaya yang di lakukan agar produk kita mudah di temukan mesin pencari. Goal utamanya bisa tampil di urutan atas atau terdepan di hasil pencarian.  

Terus kenapa kita harus tau soal SEO ini ? 
Dengan tau soal SEO kita sebagai seller bisa upload dengan konten produk yang mendukung SEO. Sehingga anda bisa hemat anggaran iklan karena produk kita sudah bisa mudah di temukan dengan mesin pencari. 

Seo di marktplace ini di bagi dua , yaitu dari external seperti google pencarian. Dan dari internal yaiut dari hasil pencarian oleh customer di kotak pencarian. 

Beriktu beberapa faktor dan cara yang bisa dilakukan mendukung untuk SEO produk kita jadi makin bagus. 

Judul Produk
Gunakan judul yang tepat tidak terlalu panjang, maksimalkan kata kunci yang paling relevan dengan produk anda . Untuk mendapatkan kata kunci yang pas anda bisa melakukan riset di google atau pencarian di marketplace. Tapi jangan mengulang atau menuliskan. Tambahkan kata kata pemanis yang tidak mendukung SEO judul anda misal termurah , original , dll. Pembahasan mengenai Judul produk agar SEO friendly bisa cek di video berikut.


Deskripsi
Ketik ulang judul produk di awal paragraf di marketplace deskripsi tidak harus panjang seperti membuat artikel di blog supaya mudah terindex ke google. karena pasti akan membosankan jika kita menuliskan deskripsi terlalu panjang.

Riset SEO 
Cara untuk riset pertama bisa menggunakan rekomendasi dari kotak pencarian, kedua bisa pakai dari tools yang di sediakan di marketpalce seperti dari wawasan pasar tokopedia , kata kunci populer di bukalapak atau dari fitur panduan penjualan di shopee.

Riset Keyword
Google keyword planner , simpan keyword yang paling relevan untuk penulisan judul nantinya. Cara lain anda bisa memanfaatkan fitur dari marketpace seperti di shopee gunakan iklanku.
Di Tokopedia anda bisa masuk ke menu wawasan pasar ,
Di Bukalapak masuk ke menu Super Seller dan lihat di daftar kata kunci populer.

List semua kata kunci yang paling relevan kemudaian bisa anda jadikan sebagai judul produk dan deskripsi.

Meta data foto

Google lebih suka foto original ambil sendiri dengan kamera , bukan hasil downlaod dari online. Jika download melalui google atau dari supplier usahakan di edit terlebih dahulu untuk menghilangkan meta data foto tersebut. Dan jangan lupa agar gambar terbaca sistem pencarian google rename foto sebelum di upload.

Bangun Backlink
Sebar link produk anda ke media sosial , forum, blog/website, atau sosial massanger. Backlink juga secara langsung meningkatkan skor SEO anda di mata Google karena banyak rekomendasi mengarah ke toko marketplace anda.

Itu tadi beberapa upaya untuk meningkatkan SEO di marketplace. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan anda di marketplace. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...