Kamis, 23 Januari 2020

Bolehkah Jualan Produk KW di Marketplace

Produk KW / Replika / Super copy , atau bahasa halusnya produk Branded. Produk tiruan dari produk merk terkenal memang sangat laris di indonesia karena banyak peminatnya.

Aturan di semua marketplace sendiri sudah melarang penjualan produk KW , sanksi yang di kenakan untuk seller yang menjual produk kw maka produk akan di hapus atau dapat point pinalti kalau di shopee.
Penghapusan produk KW oleh admin Marketpalce


Bahkan untuk di marketplace b2b seperti MP Biru akan dapat denda yang cukup besar sampai jutaan rupiah.

Terus kenapa masih ada produk KW di marketpalce?
Sampai kapanpun akan ada aja seller yang jualan produk KW , karena sistem di markeplace blm bisa membedakan produk original dan kw secara otomatis. jadi masih ada aja yang bisa lolos. Selama ini pemeriksaan produk masih manual ada pihak pemilik merk yang melaporkan atau dari team internal yang patroli. Jadi buat yang berhasil jualan produk KW tinggal tunggu waktu aja.

Tapi ada tuh yang bisa jual banyak dan aman2 aja?
Memang sih ada seller yang KEBAL aturan soal ini terutama yang punya feedback udh banyak terutama untuk di marketplace bukalapak dan toped. walaupun sudah di laporin beberapa kali. beda Kalau di shopee lebih ketat tidak berapa lama produk di upload udh langsung kena moderasi.

Kalau ngga sebutin merk bagiamana ?
Ada cara mengakali dengan tidak menyebutkan merk tapi , tapi Tetep aja akan kena karena selama ada moderasi secara manual tetep bisa ketahuan . Mau bilang jujur di tulis di deskripsi kalau barang ini kw juga tetep aja melanggar.

Saran nih buat yang pemula , mending jualan produk yang aman-aman aja. Kita berfikir bangun bisnis jangka panjang. Meskipun menggiurkan akan capek kalau harus kucing-kucingan sama admin marketplace.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...