Rabu, 05 Februari 2020

Cara Menjadi Star Seller Shopee Terbaru 2020



Shopee saat ini masih jadi primadona buat para seller online yang ingin memasarkan produknya di marketpalace. Dari data terakhir shopee sudah mencapai peringkat 2 marketplace dengan kunjungan terbanyak. Sehingga banyak seller yang berbondong-bondong memasarkan produknya di marketpalce ini. Tapi untuk membangun toko baru di shopee juga tidak mudah karena seiring banyaknya pesaing apalagi maraknya perang harga. Target untuk seller shopee yang baru mulai adalah mendaftar free ongkir dan menjadi star seller.
Kenapa harus menjadi star seller Shopee ?
- prioritas di hasil pencarian
- lebih di percaya sama customer terutama yg sudah sering belanja
- ada slot promo khusus untuk toko yang sudah star seller.

Sebelum membahas lebih jauh berikut untuk Syarat menjadi Star seller di shopee terbaru .


  1. Telah memiliki KTP yang terdaftar dan disetujui oleh Shopee. (Klik di sini untuk upload foto KTP jika Penjual belum memiliki KTP yang terdaftar)
  2. Toko memiliki persentase chat dibalas >= 80%
  3. Toko memiliki penilaian >= 4.5
  4. Toko memiliki persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maks. dalam 5 hari
  5. Toko memiliki min. jumlah transaksi berhasil sebanyak 100 pesanan pada bulan sebelumnya
  6. Toko melayani >= 25 Pembeli berbeda pada bulan sebelumnya
  7. Toko tidak memiliki poin penalti
  8. Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi

Apabila Penjual telah menjadi Star Seller, Penjual harus mempertahankan kriteria berikut untuk tetap menjadi Star Seller:
  1. Toko memiliki persentase chat dibalas >= 70%
  2. Toko mempunyai penilaian >= 4.5
  3. Toko memiliki persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maks. dalam 5 hari
  4. Toko memiliki min. jumlah transaksi berhasil sebanyak >= 50 pesanan pada bulan sebelumnya
  5. Toko memiliki poin penalti < 3 poin
  6. Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi

Yang paling berat untuk seller pemula adalah mengejar 100 Transaksi dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Untuk itu butuh beberpa strategi khusus agar lebih banyak mendatangkan traffic dan closing penjualan. Berikut cara yang bisa di lakukan

  • Upload rutin manual jangan pakai masal atau scrape tiap hari 2-5 produk
  • Pilih produk murah di bawah harga 30.000 judul samakan dengan supplier jual dengan harga murah mark up sedikit. tujuanya produk tampil di deretan harga termurah . dan jangan gunakan iklan kaena pasti akan sia sia. 
  • Produk Di korbankan , produk murah profit kecil .
  • Daftar Promo Free Ongkir
  • Aktifkan COD dan Tampilkan di Foto Produk. 

Kenapa tidak langsung pakai iklanku saja ,karena kita sudah jual dengan harga sudah mepet . Dan dengan tanpa iklanku tujuanya untuk tau produk yang winning terjual secara organik. Waktu yang tepat pakai Iklanku saat kita sudah punya produk yang laris.

Hindari produk fashion karena untuk produk fashion persaingan cukup ketat , sangat berat untuk seller baru. judul jangan terlalu di bedakan dengan supplier agar produk kita bisa ikut muncul di hasil pencarian dengan filter harga rendah.
Dan perlu di ingan kita ngga bisa metode fake order karena di data statistik ada data pembeli baru , sehingga untuk yang sudah langganan atau dropship ngga di hitung hanya satu pelanggan bukan dari jumlah transaksinya.  Selanjutnya yang perlu di hindari jangan jual produk kw atau ber hak cipta , misal aman-aman aja tpi bisa menghambat proses undangan star seller jika syarat sudah memenuhi.

Itu tadi bebeapa tips dan saran untuk menjadi star seller di shopee, berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...