Jumat, 01 Mei 2020

Cara Meningkatkan omzet dropship dengan jasa fullfilment



Mau daftar Crewdible dan mau saldo Gratis Senilai 60.000 dan 20.000 Gratis ? 
masukan kode refferal : iyandri 
Di saat pendaftaran. 


Pertama saya coba tanyakan dulu ,  mungkin ada yg belum tau dropship? 
Yaitu Sistem jualan online dimana kita berjualan tanpa stock produk. Jadi kita sebagai seller tinggal panjang gambar produk milik supplier dan menaikkan harganya sebagai untung kita.

Nanti jika ada order kita tinggal kontak ke supplier untuk kirimkan produknya ke konsumen dengan label dan nama pengirim atas nama toko kita.

 Asik kan bisa jualan di mana aja sambil Rebahan pun bisa dapet cuan , ngga perlu modal banyak buat stock tapi bisa ngomzet.  makanya bisnis model ini sekarang marak banget diperbincangkan. Sampai bermunculan banyak workshop dari harga ratusan ribu sampai jutaan. 

Tapi apakah segurih itu menjalankan bisnis dropshiping ?
Tidak semudah itu ferguso tetap akan ada banyak tantanganya.

Tingginya persaingan 
Karena bisnis ini lagi booming dan mudah di jalankan oleh para pemula maka banyak banget yang berbondong2 menjalankan bisnis dropshiping ini. Akibatnya persaingan jadi super ketat .

Perang Harga
Tingginya persaingan mengakibatkan banyak seller yang menjual produk yang sama , supplier yang sama , dan di platform yang sama. Akibatnya banyak yang mengambil strategi paling mudah yaitu dengan menjadi yang termurah alias perang harga.

Keterbatasan Kurir
Kalau yang jualan di sosmed , social massanger atau website mungkin tidak mengalamai banyak kendala. Tapi untuk yang berjualan di marketplace akan banyak kendala. Salah satunya sekarang resi serba otomatis. Sedangkan supplier hanya bisa support kurir tertentu  , sebagai dropshiper cuma bisa ngikut apa yang di sediakan supplier.


Karena hal itu Maka imbasnya jadi :
- ngga bisa COD , banyak supplier yang ngga mau ngirim pesanan COD karena resiko banyak retur dan merepotkan kalau harus mengurus paket retur. Padahal fitur ini bisa meningkatkan penjualan sampai 60%.
- ngga bisa ikut promo free ongkir , marketpalce sudah bekerjasma dengan pihak ekspedisi tertentu. Jadi kalau mau ikut free ongkir seperti di tokopedia kita harus aktifin anter aja dan sicepat jika ingin dapat logo bebas ongkir di tokonya.
- resiko gagal pickup kurir, karena ada beberapa supplier yang jam kerjanya pendek dan belum tentu buka setiap hari. 

Pusing ya ? ternyata tak seindah dan semudah yang di bayangkan. Bukan bermaksud menjatuhkan semangat temen-temen yang mau dropship.
Justruh itu ngga usah kuatir  "Dibalik suatu masalah di situ pasti ada peluang". 
Ada cara cerdas untuk melibas segala hal itu, yaitu dengan memakai jasa fullfilment.

Apa itu fullfilment service , yaitu suatu jasa yang membantu para seller dalam hal pemenuhan pesanan mulai dari penyimpanan barang, packing , dan pengiriman.

Terus pasti banyak yang mempertanyakan. Ngapain dropship pakai jasa fullfilment segala?
Kan tadi bilangnya urusan kirim barang dan packing sudah di urus supplier.

Wait ada misi rahasia khusus lho kenapa dropshiper musti pakai jasa fullfilment . Selain bisa naik kelas kita bisa punya banyak nilai plus di banding dropshiper lain. Apa aja sih manfaat lain pakai jasa fullfilment buat seller dropshiper.

Backup stock
Salah satu kendala jadi dropshiper kan minimnya informasi stock , jadi tau-tau produk yang perputaranya cepat tau-tau habis dan terpaksanya kita harus nolak pesanan. untuk mengurangi resiko penolakan makanya kita  perlu stock cadangan walaupun cuma 1 pcs . Bisa buat proses pesanan terakhir jika stock di supplier habis , kita masih bisa punya kesempatan mengedit kosong untuk produk yang belum di update kosong stocknya. Karena makin tinggi tingkat penolakan maka reputasi toko menjadi jelek.

Kalau stock barang gitu berarti udah bukan dropshiper dong  ?
Istilahnya bisa disebut Semi dropship , karena kita masih menjalankan model bisnis keduanya. jadi kita gunakan stock gudang saat di butuhkan saja. Kalau ada orderan normal, supplier bisa memenuhi kita tetap order secara dropship di supplier . Tapi di saat supplier kosong atau tidak support kurir yang ingin kita pakai kita baru pakai stock yang ada di gudang jasa fullfilment.

Tapi kan butuh modal gede kalau stock ?
Untuk stock ngga perlu terlalu banyak , stock aja produk yang perputaranya tinggi. jadi modal tidak mengendap terlalu lama. Yang mulai bisnis secara dropship pasti karena modalnya mepet kan hehehe...

Jadi Cara Mudah Mengalahkan Supplier
Dan ada yang lebih dahsyat lagi nih , kita bisa mengalahkan supplier sendiri walaupun di marketplace yang sama. Caranya yaitu dengan melengkapi jasa kirim , di saat supplier hanya bisa menggunakan jasa kirim misalnya jne jnt saja . kita bisa aktifkan semua jasa kirim bahkan karena banyaknya permintaan pengiriman yang cepat kita bisa aktifkan jasa kirim ojek online.

Kebebasan Berjualan di mana saja
Selain itu kita bisa jualan di marketpalce mana aja , di saat supplier cuma sebatas di marketplace terbesar seprti tokopedia , bukalpak , shopee , kita bisa membuka toko di marketplace lain yang tidak kalah dengan pemain 3 besar itu seprti di Blibli , lazada , zilingo , atau JD.ID yang punya kurir khusus untuk pemenuhan pesananya.

Tips menghemat ongkos kirim
- Pakai gudang terdekat dengan supplier , ongkos gojek 15 ribuan
- order beberapa produk sekaligus
- Manfaatkan voucher free ongkir dari marketplace
- Jangan jual produk di bawah harga 50 ribuan
- ambil profit 30%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips meningkatkan traffic di shopee tanpa iklan atau organik

Penting untuk seller bisa mendatangkan traffic secara organik atau tanpa iklan . Agar tidak terlalu bergantung dengan iklan. Berikut bebarap...